Sandra Dewi: Orientasi Kewirausahaan pada Organisasi Rumah Sakit Berpengaruh Terhadap Pencapaian Kinerja Organisasi

Sandra Dewi: Orientasi Kewirausahaan pada Organisasi Rumah Sakit Berpengaruh Terhadap Pencapaian Kinerja Organisasi

 

Nino Eka Putra ~ Humas FEB UI

DEPOK – Program Pascasarjana Ilmu Manajemen mengadakan sidang terbuka Promosi Doktor Sandra Dewi (1406591623) yang berlangsung di Gedung Pascasarjana, pada Kamis (22/11/2018).

Sidang Promosi Doktor ini diketuai oleh Prof. Nachrowi Djalal Nachrowi, Ph.D., dengan pembimbing, Prof. Rhenald Kasali, Ph.D. (Promotor), Dr. T. Ezni Balqiah (Ko-Promotor 1), Dr. Anton Wachidin Widjaya (Ko-Promotor 2). Selaku tim penguji, Prof. Firmanzah, Ph.D. (Ketua Penguji), Prof. Amal Chalik Sjaaf, Ph.D., Dr. Jony Oktavian Haryanto, Sari Wahyuni, Ph.D., dan Dr. Setyo Hari Wijanto.

Penulisan disertasi yang diangkat oleh Promovendus, berjudul “Peran Orientasi Kewirausahaan dalam Mencapai Kinerja Organisasi Melalui Inovasi Model Bisnis dan Kolaborasi Aset Relasional Stratejik” (Studi Kewirausahaan pada Organisasi Rumah Sakit).

Lingkungan stratejik perusahaan di era disruptive ini menunjukkan ketidakpastian. Organisasi dituntut untuk metransformasi aktivitasnya bila ingin tetap bertahan pada peta persaingan. Dengan menggunakan perspektif kewirausahaan stratejik, dan metodologi mixed method, penelitian ini mengkaji peran orientasi kewirausahaan dalam mencapai kinerja terbaik perusahaan melalui mediasi inovasi model bisnis dan aset relasional stratejik sebagai intangible asset yang inimitable.

Penelitian ini dilakukan pada 105 rumah sakit swasta di Indonesia pada konteks masa transisi reformasi kebijakan, yang mencetuskan disruptive innovation, serta efek digital disruption. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa orientasi kewirausahaan pada organisasi rumah sakit berpengaruh signifikan positif terhadap pencapaian kinerja organisasi, baik secara langsung maupun mediasi inovasi model bisnis.

Kekuatan kolaborasi manajemen rumah sakit dengan profesi dokter terbukti merupakan aset relasional yang bersifat kritis bagi tercapainya kinerja terbaik rumah sakit yang sangat mempengaruhi inovasi model bisnis rumah sakit. Hasil penelitian ini memperkuat bukti penerimaan konsep kewirausahaan dalam industri perumah sakitan, karena sering dianggap bertentangan dengan sifat produk jasa kesehatan sebagai public service.

Dengan demikian, Dewan Pimpinan sidang terbuka promosi doktor memutuskan Sandra Dewi dinyatakan lulus dengan predikat Memuaskan dan berhasil mendapat gelar Doktor yang ke-267 Bidang Ilmu Manajemen dengan Kekhususan Stratejik. Selamat kepada Dr. Sandra Dewi! (Des)