Belajar Ekonomi Industri, Prodi Ilmu Ekonomi FEB UI Datangkan Ahli dari Samsung Indonesia

Belajar Ekonomi Industri, Prodi Ilmu Ekonomi FEB UI Datangkan Ahli dari Samsung Indonesia

Depok 02/05/2019. Program studi Ilmu Ekonomi FEB UI selenggarakan kuliah umum ekonomi industry. Dengan mendatangkan narasumber Alfred Budiman, Ph.D selaku Vice President of R&D Samsung Indonesia, acara ini digelar di Student Center FEB UI Depok dan mengangkat tema R&D : The Progress of Industrial Innovation 4.0.

Paradigma gaya hidup yang semakin bertransisi ke arah penggunaan teknologi membuat Industri saat ini juga semakin intensif dalam penggunaan data yang tersedia. Hal ini membuat bidang industri, terutama teknologi, membutuhkan dasar statistik dan logika pemecahan masalah yang kuat.

Teknologi sendiri sudah sangat terintegrasi dengan kehidupan kita. 25% anak berumur 0 sampai
5 tahun sudah menggunakan internet dan 86% di antaranya mengakses internet mingguan. Rata- rata pengguna smartphone secara umum juga mengecek HPnya 25 kali sehari. Maka terbukti pula bahwa teknologi bukanlah lagi sebuah hal yang dapat dipisahkan dari kehidupan manusia.

Penggunaan teknologi menghasilkan data dengan jumlah yang besar dan label yang beragam. Data-data ini digunakan oleh industri sebagai dasar untuk membuat pengalaman digital terpersonalisasi untuk setiap pengguna. Contohnya adalah ketika kita menemukan iklan yang berisikan barang yang kita klik pada saat browsing.

Data Intelligence adalah hal yang sulit dilakukan oleh manusia, namun mudah bagi mesin. Oleh karena itu muncul istilah Machine Learning dan Deep Learning. Lain halnya dengan Artificial Intelligence yang mudah dilakukan oleh manusia seperti arti dari intonasi dan gerak tubuh, namun sulit dipahami oleh mesin.

Sebagai penutup, data dan teknologi adalah satu kesatuan yang manfaatnya tergantung dari penggunanya. Layaknya pisau, bagi seorang pembedah alat tersebut dapat digunakan untuk menyelamatkan nyawa orang lain. Namun, penjahat juga dapat menggunakan pisau yang sama untuk menyakiti orang lain.