Peningkatan Mutu Pascasarjana Ilmu Ekonomi Kemenristekdikti Hari Ketiga Berkunjung ke Empat Fasilitas di Kampus UI

Peningkatan Mutu Pascasarjana Ilmu Ekonomi Kemenristekdikti Hari Ketiga Berkunjung ke Empat Fasilitas di Kampus UI

 

Nino Eka Putra ~ Humas FEB UI

DEPOK – Program Pascasarjana Ilmu Ekonomi FEB UI menggelar Workshop Hibah Peningkatan Mutu Program Studi Pascasarjana Ilmu Ekonomi Tahun 2019 Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Dir Belmawa) Kemenristekdikti yang berlangsung selama tiga hari, Senin – Rabu (21–23/10/2019).

Pada hari ketiga (23/10), peserta workshop berkunjung ke kampus Universitas Indonesia untuk melihat sarana-prasarana infrastruktur yang berada di lingkungan UI sebagai pendukung proses perkuliahan mahasiswa maupun pengajaran dosen. Peserta diajak ke Perpustakaan UI, Fakultas Studi Jepang, pusat kegiatan mahasiswa (Pusgiwa) dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Program Studi Pascasarjana Ilmu Ekonomi.

Cempaka selaku Humas Perpustakaan UI menjelaskan bahwa gedung perpustakaan UI terdiri dari 8 lantai dan beberapa bangunan yang berfungsi sebagai tempat penyelenggaraan berbagai kegiatan. Fasilitas di Perpustakaan UI dibagi menjadi dua, yaitu fasilitas umum dan fasilitas perpustakaan. Fasilitas umum dikelola oleh Direktorat Fasilitas & Umum UI sedangkan fasilitas perpustakaan dikelola oleh Perpustakaan UI.

Fasilitas ruang tiap lantai Perpustakaan UI, yaitu lantai 1 terdapat berbagai ruang seperti counter sirkulasi, loker, layanan pengunjung, ruang internet, executive lounge, meja informasi. tenant, studio musik, cinema, gym. Lantai 2 terdapat berbagai ruang seperti koleksi buku teks, naskah & buku klasik, baca & baca khusus, multimedia, diskusi, dan kubikus, korean corner. Lantai 3 terdiri dari berbagai ruang seperti koleksi UI-ana (skripsi/tesis/disertasi), baca & baca khusus, diskusi, ruang pimpinan, ruang pengelola gedung, Abdurrahman Wahid Center. Lantai 4 terdiri dari berbagai ruang seperti koleksi buku rujukan, koleksi jurnal/majalah, koleksi Cina, baca dan baca khusus. Lantai 5 terdapat ruang kelas A, B, C. Lantai 6 terdapat ruang serbaguna. Dan lantai 7 dan 8 terdapat ruang kelas.

Menurut Siti Dahsiar Anwar selaku Pengajar Tidak Tetap di Pascasarjana Kajian Jepang UI menilai bahwa alumninya sudah banyak menempati posisi penting di dunia baik di perusahaan, kedutaan besar, dan lainnya. Mengingat, lulusan yang berhubungan dengan Studi Jepang sangatlah mudah dalam mencari pekerjaan di semua negara. Kuncinya ialah apabila seseorang bisa berbahasa Jepang maka bisa mengerti dirinya, karena semua bahasa di dunia sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Jepang. Itulah kelebihan bahasa Jepang yang sudah menyebar di belahan dunia.

Sedangkan, menurut Wishnu Sudarmadji selaku Direktorat Kemahasiswaan UI menilai bahwa perkembangan gedung Pusgiwa UI tercermin dari kegiatan mahasiswa yang semakin banyak. Saat ini, UI sudah mempunyai 47 unit kegiatan mahasiswa. Ruangan di gedung ini sebanyak 50 termasuk di dalamnya ialah ruang rapat, kerja, serba guna, dan ruang untuk mahasiswa dalam melakukan kegiatannya. (Des)