Studi Banding Pengelolaan Kurikulum dan Program Studi, Departemen Ilmu Ekonomi Menerima Kunjungan Universitas Lambung Mangkurat

0
Studi Banding Pengelolaan Kurikulum dan Program Studi, Departemen Ilmu Ekonomi Menerima Kunjungan Universitas Lambung Mangkurat
Melva Costanty – Humas FEB UI
[DEPOK] Departemen Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Indonesia menerima kunjungan Universitas Lambung Mangkurat , Banjarmasin, di Selasar Dosen Ruang 301, FEB UI, Kampus Depok (03/12/2019).
Perwakilan Universitas Lambung Mangkurat, Dr. Ahmad Yunani, SE, M.Si, Ketua Jurusan Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan, Dr. Ir. M. Anshar Nur, MM, Ketua Lembaga Kajian Ekonomi Pembangunan, Dr. Rizali, MP, Ketua Magister Ilmu Ekonomi, dan Drs. M. Saleh, MP, anggota Senat Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin diterima oleh Teguh Dartanto, S.E., M.Ec, Ph.D, Ketua Departemen Ilmu Ekonomi, Chaikal Nuryakin, Ph.D., Ketua Program Studi S1 Reguler Ilmu Ekonomi, Muhammad Halley Yudhistira, Ph.D., Sekretaris Program Studi Magister Perencanaan Ekonomi dan Kebijakan Pembangunan, Endang Y, Ashintya Damayanti dan Dewi R. Sjari, Staff Akademik Departemen Ilmu Ekonomi.
 
Ahmad Yunani, SE, M.Si, Ketua Jurusan Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan,¬†menyampaikan kunjungan ini dalam rangka studi banding mengenai pengelolaan program studi dan kurikulum. “Kami ingin meningkatkan kualitas Jurusan Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan di Universitas Lambung Mangkurat, kemudian kita ingin melihat bagaimana kurikulum yang ada disini untuk perbaikan kurikulum yang ada di program studi kami. Kami juga ingin melihat proses skripsi disini, serta keterhubungan antar lembaga di Departemen Ilmu Ekonomi disini bagaimana penerapannya. sehingga kami bisa memperbaiki manajemen di tempat kami,” ujar Ahmad.
Ahmad juga menyatakan alasan studi banding ke FEB UI. “Kita melihat (FEB UI)¬† salah satu indikator dari universitas yang terbaik di Indonesia. FEB ini role model kita yang ini bisa menjadi salah satu panutan dari kami di daerah, karna bagaimanapun kami akui banyak hal-hal yang cukup bagus yang bisa kami ambil di UI.”
 
Dalam sesi tanya jawab, pembiayaan, kurikulum, penjaminan mutu akademik, hingga sistem penulisan karya akhir juga menjadi diskusi hangat.
FEB UI merupakan anggota Asosiasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Indonesia (AFEBI) dan Asosiasi Program Studi Ekonomi Pembangunan Indonesia (AFSEPI), Chaikal Nuryakin, Ph.D.,¬†Ketua Program Studi S1 Reguler Ilmu Ekonomi, mengungkapkan kegiatan seperti ini sering dilakukan untuk benchmarking kurikulum. “Jadi kita punya perhimpunan pengurus-pengurus atau ketua prodi dan ketua departemen ilmu ekonomi dan studi pembangunan di seluruh Indonesia. Dan kita selalu ada pertemuan setahun sekali yang besar, tapi kemudian memang, seringkali ada juga pertemuan kecil, seperti ini pertemuan antar pengurus, seperti kunjungan ke UI. atau UI sendiri kunjungan kemana gitu,” ujar Chaikal.¬†
 
Chaikal menambahkan beberapa universitas lain¬†memang masih mengikuti pola lama yang sudah di lalui di FEB UI.¬†“Kalau kita lihat kurikulum mereka itu masih tahun 90-an yang dulu kita melakukannya seperti itu, Ya kita juga cukup sulit untuk memenuhi perubahan ini apalagi di daerah.”
Ahmad Yunani mengungkapkan kesannya atas kunjungan, studi banding ke FEB UI. “Kami diterima dengan sangat baik. kami juga melihat ada sebuah visibilitas dalam pengelolaan kurikulum, pengelolaan prodi saya kira ini supaya prodi kami bisa berkembang tidak terlalu birokratis. jadi bagaimana keberanian dalam berinovasi.”¬†