Lepas Lulusan dari ‘Akuarium Kampus ke Samudra’, Yudisium Magister dan Pascasarjana FEB UI Semester Gasal 2019/2020 Digelar Hari Ini

0

Lepas Lulusan dari ‘Akuarium Kampus ke Samudra’, Yudisium Magister dan Pascasarjana FEB UI Semester Gasal 2019/2020 Digelar Hari Ini

 

Nino Eka Putra ~ Humas FEB UI

DEPOK – Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia melangsungkan prosesi Yudisium Lulusan Semester Gasal 2019/2020 Jenjang Magister dan Pascasarjana yang berlangsung di Auditorium Soeria Atmadja, Gedung Dekanat, pada Senin (27/1/2020).

Yudisium Jenjang Magister & Pascasarjana tahun ini meluluskan 296 mahasiswa yang terdiri dari Jenjang S-2 Magister (MPKP, MEKK, MM, MAKSI & Profesi), dan Jenjang S-2 & S-3 Pascasarjana (PPIE, PPIM, PPIA).

Pj. Dekan FEB UI, Beta Yulianita Gitaharie memberikan sambutan pembuka bahwa hari ini adalah hari berbahagia untuk para calon wisudawan, karena Anda mengakhiri suatu proses panjang yang dimulai 2–5 tahun. Program Magister, Profesi & Pascasarjana merupakan salah satu pilar institusi pendidikan yang fokus pada pengembangan profesi dan diharapkan dapat memberikan solusi bagi persoalan riil terutama pada bangsa ini.

FEB UI terus meningkatkan reputasi ranking di kancah Asia maupun Internasional dengan meningkatkan kolaborasi, engagement, stok publikasi Internasional terindeks scopus bagi dosen & Program Doktor, dan jumlah sitasi. Ke depannya, semoga FEB UI mendapatkan akreditasi Internasional, AACSB untuk dapat bersaing dengan perguruan tinggi lainnya di dunia. “Kami atas nama pimpinan FEB UI mengucapkan selamat atas gelar yang diperoleh, selamat berkarya dalam posisi apapun. Anda sekarang siap kami lepas dari ‘akuarium’ kampus ke ‘samudera’ kehidupan nyata dengan berbagai tantangan yang berbeda,” tutup Beta dalam sambutan pembukanya.

Selanjutnya, sambutan mahasiswa perwakilan wisudawan dari Program Studi S-2 PPIM FEB UI, Halimah Rachma mengatakan di FEB UI, kita belajar bahwa setiap masalah ada solusinya, dan teman-teman di sini pasti merasakannya melalui proses belajar dan membuat karya akhir dengan proses gagal, jatuh, bangun, pusing, dan kemudian berdiri lagi. Di sisi lain, kita pasti pernah mengalami kegagalan, tetapi hal tersebut merupakan sebuah privilleged untuk lebih paham bahwa adanya ancaman yang harus dihindari.

“Selama di FEB UI, kita mendapatkan pembelajaran mengenai etika terutama kejujuran. Itu semua menjadi bekal untuk dapat berpikir kritis, terbuka, dan inovatif. Maka, beruntunglah kalian semua, karena berkesempatan berkuliah disini dan berhasil menyelesaikan masa studi. Semoga kita semua dapat sukses, menjaga nama baik almameter UI dengan kejujuran dan kerja cerdas,” ujar Halimah Rachma.

Terakhir, sambutan Direktur Direktorat Giving Back ILUNI FEB UI sekaligus Alumni FEB UI angkatan 1990, Wiwit Handayani mengatakan bahwa globalisasi dan kemajuan teknologi membuat perekonomian Indonesia tidak bisa melepaskan diri dari pengaruh yang terjadi di perekonomian global dan dari disrupsi pada ekonomi konvensional, karena berkembangnya ekonomi digital. Selama ini, peran dari alumni FEB UI terhadap perekonomian Indonesia sudah tidak diragukan lagi. Banyak para tokoh ekonomi baik di pemerintahan maupun sektor swasta telah menyumbangkan pemikiran & karya serta kerja nyata bagi bangsa ini.

Sebagai alumni FEB UI, kita memiliki wadah organisasi yang disebut ILUNI FEB UI. Dengan 3 misi utama yaitu Jejaring & Kolaborasi, Giving Back & Kepedulian, Work-Life Balance. Selain itu, berbagai kegiatan ILUNI FEB UI yang sudah dilakukan, yakni match maker, event gathering (jaringan bisnis & pelatihan UMKM, breakfast forum, sunday funday), inovasi ekonomi & syariah (Wakavia), bekerjasama dengan pihak ketiga, baik bank maupun asset management dengan pendekatan crowd funding).

“Oleh karena itu, kami mengajak para wisudawan hari ini untuk menjadi bagian dari ILUNI FEB UI dan segera mendaftarkan keanggotaannya melalui website: ilunifebui.org/register,” tutupnya. (Des)