Universitas Indonesia and Universiti Malaya Joint Accounting Research Symposium

0

Universitas Indonesia and Universiti Malaya Joint Accounting Research Symposium

Hana Fajria ā€“ Humas FEB UI

Depok – (23-24/09/20) Joint Accounting Research Symposium Ā antara Departemen Akuntansi dan Program Pascasarjana Ilmu Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis-Universitas Indonesia (PPIA FEB UI) denganĀ  Universiti Malaya (UM) diselenggarakan secara daring Ā tanggal 23-24 September 2020, Ā dihadiri staf pengajar dan mahasiswa Akuntansi dari UI dan UM.

Teguh Dartanto, Ph.D., Wakil Dekan I FEB UI, membuka acara simposium selama dua hari tersebut, mengakui simposium ini merupakan Joint Accounting Research Symposium pertama yang dilakukan UI dan UM.Ā  Simposium bertujuan untuk memperkuat hubungan kerjasama antara UI dan UM khususnya di bidang penelitian. Melalui acara ini, dosen dan mahasiswa UI dan UM melakukan research sharing dan diskusi, serta eksplorasi potensi kolaborasi riset di masa depan.

Secara garis besar, acara terbagi menjadi dua kelompok kegiatan. Kegiatan pertama adalah general lecture yang diberikanĀ  oleh faculties dari Universiti Malaya dan kegiatan kedua merupakan presentasi makalah Ā mahasiswa doktoral baik yang berasal dari UI maupun UM. Pada acara presentasi makalah, dosen UI dan UM berperan sebagai discussant yang memberikanĀ  masukan sekaligus moderator untuk Q&A dengan peserta simposium.

Sebagai keynote speaker Dr. Mohd Zulkhairi Mustapha membahas mengenai perubahan yang sangat cepat di dunia bisnis, dan strategi yang dibutuhkan untuk bertahan. Dr Zul juga membahas bagaimana perubahan tersebut memiliki pengaruh terhadap riset khususnya di bidang akuntansi, bukan hanya membuka berbagai kemungkinan area riset baru, tetapi juga metode dan teknologi yang digunakan dalam riset.

General lecture di hari Rabu (23/9/20) diberikan oleh Associate Professor Dr. Noor Ismawati Jaafar, yang membahas tentang perkembangan riset di bidang Accounting Information Survey dan potensi riset di masa datang. Paper presentation hari rabu diisi oleh dua orang mahasiswa doktoral UI dan dua orang mahasiswa doktoral UM. Bertindak sebagai discussant dan moderator Dr Mohd Zulkhairi Mustapha (UM), Dr. Noor Ismawati Jaafar (UM), Dr Yulianti Abbas (UI), dan Dr Sylvia Veronica (UM).

General lecture di hari Kamis diberikan oleh Associate Professor Datin Dr Izlin Ismail, yang membahas mengenai perkembangan riset dalam bidang keuangan. Sedangkan paper presentationĀ  diisi oleh tiga orang mahasiswa doktoral UI dan empat orang mahasiswa doktoral UM. Bertindak sebagai discussant dan moderator Dr Mohd Zulkhairi Mustapha (UM), Dr Izlin Ismail (UM), Dr Desi Adhariani (UI), Dr Ratna Wardhani (UI), Dr Hilda Rossietta (UI), dan Dr Dodik Siswantoro (UI).

UI dan UM Ā berharap akan terus melanjutkan joint symposium di masa mendatang dengan melibatkan departemen lain di FEB UI, dan mempererat hubungan antara UI dan UM, serta membuka peluang kerjasama ke depan antara dosen dan mahasiswa dari kedua universitas. (hjtp)