LM FEB UI:  HR Strategy that Supports Fast Growing Business

0

LM FEB UI:  HR Strategy that Supports Fast Growing Business

 

Hana Fajria – Humas FEB UI

Depok – (12/11/2020) Lembaga Manajemen FEB UI, bekerja sama dengan SWA,  mengadakan HR Excellence Webinar Series yang bertajuk HR Strategy that Supports Fast Growing Business, pada Kamis, 12 November 2020. Acara yang berlangsung secara daring ini menghadirkan Kiki Risyandi, Head of HR Strategic Initiative and Transformation, Sinar Mas Mining (SMM), dan pembahas  Riani Rachmawati, PhD., Senior Consultant LM FEB UI, dengan moderator Teguh Poeradisastra, Redaktur Senior SWA.

Strategi SMM yang memiliki, asset US$ 20 miliar pada tahun 2026, tak lepas dari transformasi di bidang pengelolaan SDM. Kiki Risyandi, menjelaskan, dalam transformasi SDM ini ada empat hal yang menjadi fokus. Pertama, melalui pemberdayaan teknologi dan analisis yang kuat. Kedua, menggunakan cara yang inovatif dan terbaik di kelasnya, untuk mengoptimalkan semua kemampuan SDM. Ketiga, mengubah manajemen kepemimpinan, orang, proses dan pola pikir. Keempat, memperkenalkan EVP (Employer Value Propositions) untuk meningkatkan keterlibatan karyawan.  Implementasi strategi bagi setiap fokus itu sangat banyak. Tujuannya adalah memiliki organisasi yang agile, punya   halocracy dan meritokrasi yang kuat, serta berbasis big data analytics yang akurat, decision making system (menggunakan machine learning dan Artificial Intelegent) serta Executive Information System.

“Di SMM, kami tidak hanya fokus pada menciptakan nilai pemegang saham tapi membuat dampak yang berarti (Meaningful Impact) bagi masyarakat, dan percaya dalam melakukan bisnis untuk kebaikan. Kami tidak hanya mempekerjakan karyawan, tapi mengenali potensi dan berinvestasi dalam menciptakan pemimpin (Creating Leader). Kami tidak hanya merangkul teknologi, tapi memimpin inovasi teknologi (Technology Innovation) untuk membentuk masa depan”, tutur Kiki Risyandi.

Ke depan, diharapkan ada pelatihan karir digital HR menggunakan artificial intelegent, penyelarasan budaya, nilai dan kompetensi, agar talenta memiliki budaya dan nilai yang sama di unit bisnis lain, dan mobilitas bakat dari seluruh unit bisnis.

Riani Rahmawati, Ph.D., Senior Consultant LM FEB UI, membahas paparan Kiki Risyandi tentang  SMM yang dinilai memiliki bisnis objektif dan eksponensial. Menurutnya diperlukan pemimpin  yang memiliki karakter agile. Peran HR kini sudah berubah dari bisnis partner menjadi game changer, yaitu menemukan talenta yang dikembangkan menjadi orang yang memiliki kemampuan multitalenta (punya kesempatan kerja tidak hanya pada satu job family,  mampu untuk merasakan serta menyesuaikan semua aspek perusahaan dengan kecepatan pasar dan perubahan kompetitif, juga menciptakan terobosan baru ).

Menurut Riani, ada Strategic tools HR seperti, strategy map (keterkaitan antara strategi perusahaan dengan apa yang dilakukan HR­), HR Scorecard (untuk mengukur keberhasilan dan pencapaian program yang dilakukan HR) dan digital dashboard (menggunakan big data dan HR analytics berbasiskan artificial intelegence). (hjtp).