Promosi Doktor PPIM FEB UI, Teliti Peran Personal Norm pada Theory of Planned Behavior dalam Perilaku Memilah Sampah

0

Promosi Doktor PPIM FEB UI, Teliti Peran Personal Norm pada Theory of Planned Behavior dalam Perilaku Memilah Sampah

 

Nino Eka Putra – Humas FEB UI

DEPOK – (11/11/2020) Program Pascasarjana Ilmu Manajemen (PPIM) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, mengadakan sidang terbuka Promosi Doktor Budi Setiawan (1706090292) secara daring, pada Rabu (11/11/2020). Sidang Promosi Doktor ini diketuai oleh Prof. Dr. Irwan Adi Ekaputra, dengan pembimbing, Prof. Dr. Adi Zakaria Afiff (Promotor), Dr. Ignatius Heruwasto (Ko-Promotor). Selaku tim penguji, Prof. Firmanzah, Ph.D., (Ketua Penguji), Daniel Tumpal H. Aruan, Ph.D., Dr. Nuri Wulandari, Dr. Ir. Setyo Hari Wijanto, dan Sri Rahayu Hijrah Hati, Ph.D.

Penulisan disertasi yang diangkat oleh Promovendus, berjudul “Peran Personal Norm pada Theory of Planned Behavior dalam Menjelaskan Perilaku (Studi pada Perilaku Memilah Sampah). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran norma pribadi sebagai faktor inti dari norm activation theory (NAT), dalam memprediksi perilaku pro lingkungan yang belum sepenuhnya dijelaskan dengan baik oleh theory of planned behavior (TPB).

Pemilahan sampah merupakan kajian khusus tentang perilaku pro-lingkungan yang menjadi fokus kajian ini. Besar sampel akhir adalah 300 responden dari tiga kota berbeda di Indonesia, yaitu Bogor, Depok, dan Jakarta. Purposive sampling dipilih sebagai teknik pengambilan sampel dengan kriteria spesifik tertentu yang relevan dengan konteks budaya.

Pemodelan persamaan struktural digunakan untuk menguji hipotesis dan dilengkapi dengan regresi bertahap untuk mengungkapkan kontribusi masing-masing prediktor dalam model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa norma pribadi memiliki peran penting dalam melengkapi penjelasan perilaku pemilahan sampah melalui integrasi TPB dan NAT. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam bidang pemasaran sosial, melalui implikasi manajerial dan kontribusi teoritis.

Dengan demikian, Dewan Pimpinan sidang terbuka promosi doktor memutuskan, Budi Setiawan (1706090292) dinyatakan lulus dengan predikat Cumlaude dan berhasil mendapat gelar Doktor yang ke-287 Bidang Ilmu Manajemen Pemasaran. Selamat kepada Dr. Budi Setiawan! (hjtp)