ILUNI PPIM FEB UI: Doa Bersama untuk Almarhum Prof. Firmanzah, Ph.D.

0

ILUNI PPIM FEB UI: Doa Bersama untuk Almarhum Prof. Firmanzah, Ph.D.

 

Rifdah Khalisha – Humas FEB UI

DEPOK-(7/2/2021) Ikatan Alumni Program Pascasarjana Ilmu Manajemen (ILUNI PPIM) FEB UI menggelar acara doa bersama untuk Almarhum Prof. Firmanzah, Ph.D., Guru Besar dan Dekan FEB UI Periode 2009-2012 yang wafat pada hari Sabtu, 6 Februari 2021. Acara bertujuan untuk mengenang dan mendoakan alm. Firmanzah. dan berlangsung secara virtual pada Minggu (7/2).

Pembukaan acara diawali oleh K.H. Bukhari Muslim dengan lantunan ayat suci Al-qur’an dari sari tilawah. Acara menghadirkan Dr. Beta Yulianita Gitaharie, Prof. Rhenald Khasali, Prof. Bambang Brodjonegoro, dan Sandiaga Uno. Selain itu, hadir pula Ustadz Yusuf Mansyur dan Ustadz Banu Muhammad pada pembacaan doa.

Dalam sambutannya, Beta menuturkan duka cita yang mendalam, “Kepergian beliau menjadi kehilangan yang besar bagi FEB UI, terlebih Departemen Manajemen dan PPIM FEB UI. Semoga beliau pergi dalam keadaan damai dan bahagia karena akan berjumpa dengan Penciptanya. Mudah-mudahan yang telah beliau lakukan selama di dunia bisa menjadi catatan ibadah dan kebaikan yang menerangi perjalanan barunya. Teruntuk mahasiswa bimbingannya, buatlah beliau bangga dengan menjadi insan yang bermanfaat bagi agama, masyarakat, bangsa, dan negara.”

Rhenald memaparkan, “Alm. Prof Firmanzah memiliki peran penting selama menjadi pengajar di FEB UI. Berkat kerja kerasnya, FEB UI telah melahirkan lebih dari 200 orang Doktor Ilmu Manajemen. Beliau juga terkenal sebagai seseorang yang santun dan tidak pernah menyinggung. Mungkin Tuhan telah mempunyai rencana yang lebih indah. Mari kita mengenang persahabatan dan hal-hal positif dari beliau dengan kerendahan hati.”

Bambang menceritakan pertemuannya dengan alm. Firmanzah. Saat itu, ia menjabat sebagai Dekan FEB UI dan memilih alm. Firmanzah menjadi pengajar di PPIM FEB UI, “Dengan keahliannya yang luar biasa, beliau menjadi Dekan dan Guru Besar FEB UI yang termuda. Saat masa jabatannya sebagai dekan, beliau begitu mendedikasikan diri untuk kemajuan FEB UI. Kiprahnya banyak berkontribusi bagi bangsa dan negara.”

Sandiaga menyampaikan, “Beliau sangat banyak membantu keluarga saya, membimbing kakak saya, Indra Uno meraih gelar doktor. Bahkan, Ibu saya begitu terbantu dengan berbagai pemikiran beliau. Kami semua sangat kehilangan, tetapi kami yakin beliau telah berada di tempat yang terbaik.”

Turut hadir beberapa kerabat dekat alm. Firmanzah untuk memberikan kesan pesan, seperti Anindya Bakrie, Sudirman Said, Prima Naomi, Ruslan Prijadi, Adi Zakaria Afiff, Hariyadi Sukamdani, Dzulfian Syafrian. Selanjutnya, acara ditutup dengan pembacaan doa.

Pada penutup acara, keluarga besar beserta istri alm. Firmanzah mengucapkan banyak terima kasih kepada semua rekan atas doa-doanya untuk almarhum. Keluarga memohon maaf apabila ada kesalahan dan kekhilafan beliau semasa hidupnya.