FEB UI Selenggarakan Yudisium Virtual Semester Gasal 2020/2021 Jenjang Sarjana bagi lulusan 163 Wisudawan

0

FEB UI Selenggarakan Yudisium Virtual Semester Gasal 2020/2021 Jenjang Sarjana bagi lulusan 163 Wisudawan

 

Nino Eka Putra ~ Humas FEB UI

DEPOK – (5/3/2021) Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Indonesia, selenggarakan Yudisium Virtual Semester Gasal 2020/2021 Jenjang Sarjana pada Jumat (5/3/2021).

Yudisium yang dilaksanakan dalam 2 bagian, yaitu acara Fakultas dan diteruskan ke Departemen, berbarengan dengan wisuda UI, dimulai dengan laporan dari Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Penelitian dan Kemahasiswaan, Teguh Dartanto, Ph.D. menyatakan kelulusan wisudawan FEB UI Jenjang Sarjana sebanyak 163 mahasiswa, yang terdiri dari 66 orang dari Program Reguler, 5 dari Program Paralel, 59 dari Program Ekstensi, dan 33 dari Program Kelas Khusus Internasional (4 mahasiswa lulusan dual degree dari Amsterdam University, Victoria University of Wellington, Queensland University, Groningen University, dan 29 mahasiswa lulusan single degree).

Wisudawan FEB UI dengan IPK tertinggi, pertama, Departemen Ilmu Ekonomi (IE) yaitu Dominic S.D. Anggit M. Pradana dari Kelas Khusus Internasional (KKI) dengan IPK 3,79, Vina Aprilia Nugroho (Ilmu Ekonomi Islam) program Reguler dengan IPK 3,57 dan Mohamad Elang Fokkerizky (IE) dengan IPK 3,46 dari program Paralel. Kedua, Departemen Manajemen, yaitu Ariesta Kurnia Ramadhani dengan IPK 3.87 dari program Ekstensi, Leandra Anisah (Manajemen) dengan IPK 3.86 dari Reguler, Safura Hijriana (Bisnis Islam) dengan IPK 3.74 dari Paralel, diikuti Muhammad Adillo Wibowo dengan IPK 3.60 dari KKI. Ketiga, Departemen Akuntansi, yaitu Nicholas dengan IPK 3.92 dari Program Reguler dan Paralel, Elysabet Meryane Hutauruk dengan IPK 3.72 dari Ekstensi, diikuti Daffa Eka Irawan dengan IPK 3.61 dari Program KKI.

Selain itu, masa studi tercepat, berasal dari Departemen IE, yakni Humam Syauqi Dawa (Reguler dan Paralel) dengan masa studi 3 tahun 5 bulan dan Satrio Bagus Panuntun (KKI) dengan masa studi 3 tahun 4 bulan. Kemudian, Departemen Manajemen, yaitu Ariesta Kurnia Ramadhani (Ekstensi) dengan masa studi 2 tahun 5 bulan. Dan, Departemen Akuntansi, yaitu Ignatius Terkelin Maringan Surbakti (KKI) dengan masa studi 3 tahun 4 bulan dan Elysabet Meryane Hutauruk (Ekstensi) dengan masa studi 2 tahun 5 bulan.

Wisudawan usia termuda, berasal dari Departemen Manajemen diraih oleh Dessen (Reguler dan Paralel) dengan usia 21 tahun 1 bulan dan Desy Miranda Christine (Ekstensi) dengan usia 22 tahun 1 bulan. Selanjutnya, Departemen Akuntansi diraih oleh Ignatius Terkelin Maringan Surbakti (KKI) dengan usia 21 tahun 3 bulan. Terakhir, wisudawan usia paling senior, adalah Alexander Santober dengan usia 37 tahun 3 bulan dari Ekstensi Akuntansi.

Dekan Bidang Sumber Daya, Ventura dan Administrasi Umum FEB UI, Dr. Gede Harja Wasistha, CMA., yang siang itu mewakili dan menyampaikan sambutan dari Pj. Dekan FEB UI,  mengatakan  “Hari ini adalah momentum berbahagia, karena Anda secara berbarengan mengikuti Yudisium dan Wisuda yang menandakan berakhirnya masa studi di FEB UI selama 4 tahun. Setelah itu, Anda menjadi alumni FEB UI, suka dan duka pastinya menjadi kenangan indah selama menempuh pendidikan di FEB UI.”

Wasis melanjutkan, “Era sekarang jauh berbeda dengan 2 atau 3 dekade yang lalu, karena saat ini kita berada di era global, jauh lebih kompetitif, dan dihadapkan pada disrupsi teknologi luar biasa. Teknologi berperan dalam dinamika perkembangan ekonomi dan bisnis. Dunia seperti inilah yang Anda hadapi dalam pasar kerja atau menciptakan lapangan kerja nantinya. Anda harus bersikap fleksibel, adaptif, dan menyadari ketidakpastian. Maka, Anda harus membekali diri dengan kemampuan bidang teknologi, membangun dan memperluas jaringan atau networking, agile, dan memiliki jiwa leadership.  Saat ini, kami siap melepas Anda ke kehidupan nyata dengan berbagai tantangan berbeda. Gunakan ilmu yang sudah diperoleh dari FEB UI untuk meraih cita-cita Anda. Teruslah belajar, karena hakikatnya kehidupan ialah belajar.”

“Kami atas nama Pimpinan FEB UI, mengucapkan selamat atas gelar yang diperoleh. Selamat berkarya dalam posisi apapun dan jadilah Sarjana yang lengkap dari sisi intelektual, berbudi, berhati baik, serta bersedia berkorban demi bangsa dan negara serta jangan pernah melupakan integritas Anda,” tutur Wasis di akhir pembacaan sambutannya.

Mahasiswa perwakilan wisudawan dari Program Studi Akuntansi FEB UI, Nicholas menyampaikan bahwa lulusan FEB UI identik dengan pribadi yang berdaya saing tinggi, baik profesional, akademisi maupun pemerintahan. Reputasi ini tentu tidak datang begitu saja melainkan memerlukan proses penempaan yang panjang. Proses tempaan awal itu telah kita selesaikan pada hari ini. Seperti pensil keahlian kita diasah hingga menjadi tajam selama mengenyam pendidikan di FEB UI. Kita belajar hingga berlarut malam dan bersama-sama pada hari ini menyelesaikan semua tantangan tersebut. Tak hanya keahlian, kita juga belajar untuk berkolaborasi, berkompetisi, berinovasi dan menjadi pribadi yang berintegritas.

“Saya juga hendak menyampaikan bahwa kita semua mampu menghadapi berbagai rintangan dan tantangan melalui kolaborasi bukan kompetisi. Ketika di rumah kita memiliki orang tua yang mendukung, sedangkan belajar di FEB UI kita dibantu oleh dosen, asisten dosen hingga senior. Maka dari itu, sudah sepantasnya, kita mengucapkan terima kasih kepada dosen atas ilmu yang telah diberikan dan staf pendidik lainnya atas bantuan administrasi yang diberikan. Kita juga mengucapkan terima kasih pada orang tua kita masing-masing yang telah mendukung kita hingga hari ini. Semoga bekal yang telah kita terima di FEB UI dapat membantu untuk berkarya, mencapai cita-cita dan berkontribusi di masyarakat sehingga menjadi kebanggaan bagi bangsa dan negara, almamater FEB UI, dan keluarga masing-masing,” ucap Nicholas.

Ketua Umum ILUNI FEB UI, Destry Damayanti, mengucapkan selamat kepada seluruh wisudawan Sarjana yang sudah menyelesaikan masa studi di FEB UI. Hal ini membuktikan bahwa FEB UI kembali melahirkan anak-anak muda, untuk ke depannya menjadi generasi penerus yang berkontribusi kepada bangsa dan negara. Tentu, kalian menyadari banyaknya senior lulusan FEB UI yang berkecimpung dan mengabdi untuk membangun bangsa ini.

“Saya mengajak bagi Anda lulusan FEB UI untuk bergabung dan mendaftar diri di wadah organisasi ILUNI FEB UI, melalui website ilunifebui.org/register. Kami keluarga besar ILUNI FEB UI menunggu karya-karya Anda di dunia nyata untuk berkontribusi memajukan negara tercinta ini,” pesan Destry untuk wisudawan Sarjana di akhir sambutannya.

Yudisium Departemen FEB UI

Yudisum Virtual FEB UI dilanjutkan dengan yudisium masing-masing Departemen, terdiri dari Ilmu Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi.

Departemen Ilmu Ekonomi FEB UI menghasilkan lulusan Sarjana Ekonomi berjumlah 23 orang. Terbagi dalam Prodi IE menghasilkan 8 lulusan (2 wanita dan 6 pria), Prodi IEI meluluskan 7 orang (2 wanita dan 5 pria, dan Prodi KKI 8 lulusan (2 wanita dan 6 pria).

Departemen Manajemen FEB UI menghasilkan lulusan Sarjana Ekonomi, berjumlah 76 orang. Terbagi dalam Prodi Manajemen 23 lulusan (15 wanita dan 8 pria, dengan 3 berpredikat cumlaude), Prodi Bisnis Islam menghasilkan 10 lulusan (7 wanita dan 3 pria), Prodi KKI menghasilkan 13 lulusan (5 wanita dan 8 pria), dan Prodi Ekstensi Manajemen menghasilkan 30 lulusan (20 wanita dan 10 pria, dengan 19 predikat cumlaude).

Departemen Akuntansi FEB UI menghasilkan lulusan Sarjana Ekonomi berjumlah 64 orang, dalam Program Reguler dan Paralel menghasilkan 23 lulusan (14 wanita dan 9 pria, dengan predikat cumlaude sebanyak 7), Program KKI menghasilkan 12 lulusan (6 wanita dan 6 pria), dan Program Ekstensi menghasilkan 29 lulusan (19 wanita dan 10 pria, dengan predikat cumlaude sebanyak 12).

Yudisium FEB UI didukung oleh beberapa mitra yang telah menjalin kerjasama yang baik yaitu dari PT. Paragon Technology and Innovation, PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, POM FEB UI, dan Tarzan Photo. (htjp)

 

Departemen Ilmu Ekonomi FEB UI

Departemen Manajemen FEB UI

Departemen Akuntansi FEB UI