ILUNI FEB UI Berikan Donasi Melalui ILUNI FK UI untuk Para Mahasiswa FK UI sebagai Garda Terdepan dalam Penanggulangan Covid-19

0

ILUNI FEB UI Berikan Donasi Melalui ILUNI FK UI untuk Para Mahasiswa FK UI sebagai Garda Terdepan dalam Penanggulangan Covid-19

 

Nino Eka Putra ~ Humas FEB UI

DEPOK – (20/8/2021) Ikatan Alumni Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (ILUNI FEB UI) memberikan donasi berupa uang sebesar Rp50.000.000 (lima puluh juta rupiah), melalui ILUNI Fakultas Kedokteran (FK) UI. Donasi yang sudah diberikan kepada ILUNI FK UI, kemudian dibelanjakan dalam bentuk alat pelindung diri (APD), yaitu masker N95 sebanyak 75.400 pcs atau 13 kardus.

Masker N95 ini diperuntukkan bagi mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter di FK UI yang sedang menjalankan ko-as/co-ass/co-assistant di RS UI, RSCM, Lembaga Kesehatan, Puskesmas, yang menjadi garda terdepan dalam memberikan pelayanan kesehatan terhadap pasien Covid-19 dan membantu jalannya vaksinasi massal.

Penyerahan Masker N95 ini diberikan secara simbolis oleh Maya Sari Taufiek (Perwakilan ILUNI FEB UI) kepada Brigjen TNI dr. Dewi Puspitorini, SpP, MARS, M.H. (Sekretaris Umum ILUNI FK UI). Lalu, diserahkan secara penuh kepada Dekan FK UI, Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB., yang berlangsung di Gedung FK UI, Salemba, pada Jumat (20/8/2021).

Dekan FK UI, Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB., menyampaikan, bahwa saat ini para mahasiswa tingkat akhir FK UI menjadi garda depan penanganan pasien Covid-19 dan juga membantu jalannya vaksinasi massal. Oleh karena itu, FK UI membutuhkan pengadaan APD berupa masker N95, agar bisa melindungi mereka saat berinteraksi (face to face) dengan pasien Covid-19 maupun masyarakat luas.

“Saya mengucapkan terima kasih atas dukungan ILUNI FEB UI melalui ILUNI FK UI kepada FK UI atas pemberian Masker N95. Kami berharap kepedulian ini bisa menginspirasi para kelompok masyarakat lain untuk melindungi mahasiswa FK UI, yang menjadi garda terdepan dalam penanggulangan Covid-19,” jelas Ari Fahrial Syam.

Hal senada juga disampaikan Brigjen TNI dr. Dewi Puspitorini, SpP, MARS, MH., Sekretaris Umum ILUNI FK UI,  “Kita tahu sekarang ini angka temuan kasus positif Covid-19 mengalami penurunan berkat diberlakukannya PPKM Darurat maupun PPKM Level 1-4, tetapi kita tidak boleh terlalu euphoria dan tetap waspada. Mengingat kasus positif Covid-19 di Amerika Serikat angkanya melonjak 1000%. Indonesia pun sudah mengalami kasus lonjakan ketiga kalinya dan kita tidak boleh lengah, harus tetap taat protokol kesehatan dan vaksinasi yang diwajibkan pemerintah.” Harapannya, masyarakat taat protokol kesehatan dengan ketat dan melakukan vaksinasi untuk membentuk herd immunity, sehingga kita akan memasuki kehidupan new normal dan bisa menyelesaikan serta memenangkan peperangan virus Covid-19.

“Terima kasih kepada ILUNI FEB UI atas donasi yang diberikan kepada kami. Bantuan APD Masker N95 sangat membantu para mahasiswa FK UI, tenaga kesehatan atau nakes yang berada di pelayanan garda terdepan dalam penanganan Covid-19.  Bantuan ILUNI FEB UI, kami serahkan langsung kepada Dekan FK UI agar segera dipergunakan sebaik-baiknya,” tutur Dewi Puspitorini. (hjtp)