Kuliah Umum PPIM FEB UI bersama Tokopedia, “Managing Services Marketing in Digital World”

0

Kuliah Umum PPIM FEB UI bersama Tokopedia, “Managing Services Marketing in Digital World”

 

Nino Eka Putra ~ Humas FEB UI

DEPOK – (6/10/2021) Senior Vice President of Customer Excellence Tokopedia, Rudy A. Dalimunthe menjadi narasumber dalam Kuliah Umum Program Studi Pascasarjana Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (PPIM) dengan topik “Managing Services Marketing in Digital World” dan moderator Gita Gayatri, Ph.D., Dosen Departemen Manajemen FEB UI, pada Rabu (6/10/2021). Kuliah ini dibuka oleh Zaafri Ananto Husodo, Ph.D., Sekretaris Program Studi PPIM FEB UI.

Di dalam pemaparannya, Rudy A. Dalimunthe menjelaskan bahwa Tokopedia dalam menjalankan bisnis e-commerce di Indonesia terdapat 4 bagian, yaitu (1) pasar dan barang digital, menerapkan platform bisnis customer to customer (C2C) gratis bagi pedagang dan pembeli serta menjadi tuan rumah toko resmi untuk merek dan 40 produk digital; (2) fintech dan pembayaran berupa dompet digital, investasi terjangkau, pinjaman pedagang, kartu kredit virtual, produk perlindungan, penilaian kredit berbasis data untuk pinjaman, investasi, dan layanan keuangan lainnya; (3) logistik dan pemenuhan, pelanggan dapat memilih waktu kedatangan paket sesuai keinginan dan nantinya akan diakomodasi oleh penyedia logistik dari Tokopedia; (4) Mitra Tokopedia, memungkinkan pedagang kecil untuk menjual barang digital dan menyimpan toko offline mereka dan juga bisa membeli produk dan stok secara grosir.

Menurut Rudy, Tokopedia saat ini sudah 12 tahun berdiri di Indonesia sebagai perusahaan ­e-commerce karya anak bangsa dan sebagai penggerak roda perekonomian bangsa. Dua tahun belakangan ini, pada 2020-Tokopedia meluncurkan layanan lokal yang menjangkau lebih dari 100 juta pengguna aktif dan 2021-Tokopedia menjalin kerjasama dengan Gojek (sesama perusahaan karya anak bangsa) bernama ‘GoTo yang menggabungkan layanan, baik e-commerce, on-demand, maupun keuangan.

Lanjut Rudy, Tokopedia menjadi satu-satunya perusahaan teknologi (ritel) di Indonesia tanpa pusat panggilan masuk (hotline) yang melayani jutaan interaksi setiap bulan. Bagi pelanggan yang ingin mengetahui berbagai informasi seputar Tokopedia bisa melalui Tokopedia Care. Fitur pada halaman tersebut  tersedia banyak artikel/FAQ seputar solusi dari kendala yang mungkin Toppers (pelanggan Tokopedia) hadapi dalam menggunakan Tokopedia.

“Dalam mengelola pemasaran layanan digital era saat ini, Tokopedia memanfaatkan layanan dengan melibatkan pelanggan omni-channel sebagai kisah dan pembeda merek perusahaan, penciptaan nilai bagi pelanggan untuk setiap aspek terutama pada layanan yang akan mengambil alih harga dan produk sebagai pembeda merek utama,” demikian Rudy menutup sesi kuliah umum yang dihadiri 100 peserta.