Departemen Manajemen FEB UI Adakan Training Series 1: Research Methodology for Beginners

0

Departemen Manajemen FEB UI Adakan Training Series 1: Research Methodology for Beginners

 

Fajar Ayu Pinagara ~ Departemen Manajemen FEB UI

DEPOK (7/12/2021) – Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia menggelar training, bertemakan ā€œTraining for Master Students: Research Methodology for Beginnersā€ secara daring, pada Selasa (7/12). Pelatihan ini diikuti oleh mahasiswa S-2 MM dan PPIM FEB UI. Trainer pada pelatihan ini adalah Assoc. Prof. Azman bin Izmail dari Malaysia sebagai Visiting Professor di Departemen Manajemen FEB UI dengan moderator Wahyu Jatmiko, Ph.D.

Pelatihan ini memperkenalkan mahasiswa mengenai pengetahuan dan keterampilan penting tentang metodologi penelitian untuk membantu mahasiswa S-2 dalam mempersiapkan proposal penelitian yang sistematis. Adapun agenda pelatihan ini memberikan gambaran besar penelitian bagi mahasiswa. Setelah mengikuti pelatihan ini, mahasiswa sebagai peserta diharapkan mampu mengetahui mengenai tujuan penelitian, sifat penelitian (the nature of master research), prosedur penelitian serta teori-teori yang mendukung, jenis dan model penelitian.

Prof. Azman menekankan akan pentingnya menemukan pembimbing/supervisor yang tepat untuk penelitian mereka serta bekerjasama dengan baik kepada setiap pembimbingnya. Hal ini dikarenakan pembimbing tentunya lebih memahami scholar yang tepat untuk topik riset tertentu serta bagaimana cara mendapatkan sumber artikel atau jurnal yang tepat. Mahasiswa juga diharapkan bersikap proaktif terhadap penelitian mereka, termasuk sering bertanya kepada pembimbing, maupun dalam kelas. Dalam proses pengembangan model penelitian, dibutuhkan artikel dan jurnal terbaru untuk mengembangkan model penelitian.