Promosi Doktor PPIM FEB UI Teliti Strategic Orientations and Firm Performance: The Role of Information Technology Adoption Capability

0

Promosi Doktor PPIM FEB UI Teliti Strategic Orientations and Firm Performance: The Role of Information Technology Adoption Capability

 

Nino Eka Putra ~ Humas FEB UI

DEPOK ā€“ (24/8/2022)Ā Program Pascasarjana Ilmu Manajemen (PPIM) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, mengadakan sidang terbuka Promosi DoktorĀ Arif Nugroho, pada Rabu (24/8).

Sidang Promosi Doktor ini diketuai olehĀ Prof. Dr. Sylvia Veronica Nalurita Purnama Siregar, dengan pembimbingĀ Prof. Ruslan Prijadi, Ph.D. (Promotor),Ā RR. Ratih Dyah Kusumastuti, Ph.D. (Ko-Promotor). Selaku tim penguji,Ā Prof. Dr. Irwan Adi Ekaputra (Ketua Penguji), Avanti Fontana, Ph.D., Budi W. Soetjipto, DBA., Dr. Ira Puspadewi, dan Sari Wahyuni, Ph.D.

Pada sidang terbuka ini,Ā Dr. Arif Nugroho mengangkat disertasi yang berjudul ā€œStrategic Orientations and Firm Performance: The Role of Information Technology Adoption Capabilityā€. Promovendus Arif Nugroho melakukan penelitian dengan menjelaskan pendidikan sangatlah penting bagi pertumbuhan dan perkembangan suatu bangsa. Perusahaan pendidikan non-formal memainkan peran penting dalam menyediakan layanan pendidikan dengan karakteristik berbeda yang dituntut di pasar saat ini. Kinerja ekonomi dan sosial perusahaan bergantung pada perilaku mereka terhadap informasi pasar, penggunaan teknologi, dan pengembangan kapabilitas yang diperlukan.

Penelitian ini mengkaji pengaruh langsung orientasi strategis yang terdiri dari orientasi kewirausahaan, teknologi, dan pasar terhadap kinerja perusahaan dan melalui kapabilitas adopsi teknologi informasi (TI). Data penelitian dikumpulkan dari 535 perusahaan pendidikan non-formal di Indonesia dan Singapura.

Analisis Structural Modeling Analysis (SEM) menunjukkan bahwa hanya orientasi pasar yang mempengaruhi kinerja perusahaan secara langsung. Penelitian ini menunjukkan bahwa kapabilitas adopsi TI sangat penting untuk perusahaan pendidikan non-formal karena sepenuhnya memediasi efek individu orientasi kewirausahaan dan teknologi pada kinerja perusahaan. Penelitian ini memberikan kontribusi utama dengan memeriksa dampak beberapa orientasi strategis pada kinerja perusahaan dan menyoroti peran kemampuan adopsi TI.

Selain itu, penelitian ini juga memberikan analisis tambahan tentang bagaimana model penelitian dengan konsep serupa dapat berbeda antara kelompok data Indonesia dan Singapura. Selain itu, meskipun hubungan antara konsep dalam model kedua negara tersebut dibandingkan, tidak ada variasi signifikan yang ditemukan. Kontribusi teoritis dan manajerial terdaftar, bersama dengan keterbatasan penelitian dan rekomendasi masa depan.

Dewan Pimpinan sidang terbuka promosi doktor memutuskan, Arif Nugroho lulus dengan predikatĀ Sangat MemuaskanĀ dan berhasil meraih gelar Doktor yang ke-306 Bidang Ilmu Manajemen Stratejik. Selamat kepada Dr. Arif Nugroho!