Peresmian Kelas A 204 Persembahan Alumni Mahaiswa FEB UI Angkatan 2000

Peresmian Kelas A 204 Persembahan Alumni Mahaiswa FEB UI Angkatan 2000

 

Rifdah Khalisha – Humas FEB UI

DEPOK – (26/11/2022) Alumni mahasiswa FEB UI angkatan 2000 memberikan sumbangsih dana untuk merenovasi sekaligus meresmikan ruang kelas A 204, Gedung A, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, Depok pada Sabtu (26/11).

Peresmian ini dihadiri oleh Teguh Dartanto, Ph.D. (Dekan FEB UI), Rintis Dosie Swastika (Staf Ventura, Kerjasama, dan Alumni), dan tentunya alumni FEB UI angkatan 2000. Dengan pemandu acara, Dr. Fithra Faisal Hastiadi, M.S.E., M.A. (Alumni FEB UI Angkatan 2000 dan Dosen FEB UI).

Acara dimulai dengan sambutan oleh Dekan FEB UI yang mengatakan bahwa FEB UI sejak lama membuka kesempatan bagi para alumni FEB UI untuk terlibat dalam program giving back ke fakultas melalui renovasi kelas.

Terlebih, kini FEB UI mengusung tagline Nurturing Inclusive, Relevant, and Reputable Leaders. Harapannya, arah ini semakin memperkuat engagement dengan berbagai pihak, termasuk para alumni dalam berbagai aktivitas di kampus FEB UI.

Teguh mengucapkan banyak terima kasih kepada alumni FEB UI angkatan 2000 atas persembahan renovasi ruang kelas A 204 di Kampus FEB UI, Depok. Kelas tersebut memiliki fasilitas untuk mendukung pengajaran dan pembelajaran secara hybrid dengan desain yang tidak terlalu ramai, tetapi berkelas. Ia pun berharap, para alumni selalu mendukung FEB UI dalam meraih pencapaian dan akreditasi internasional lainnya.

Kemudian, menurut Perwakilan Alumni FEB UI Angkatan 2000 Marlow Riza dalam sambutannya, renovasi kelas ini sejarahnya panjang. Meski mulanya dana belum terkumpul penuh, tetapi proses renovasi berjalan dengan baik.

Ia pun menjelaskan mengenai pemilihan desain untuk renovasi kelas, “Konsepnya sesuai dengan angkatan kami, yakni 2000, jadi masih bisa mengaku milenial dan paham teknologi. Kami pun ingin membangkitkan memori semasa kuliah.”

Di belakang kelas, tertulis tujuh nama kelompok Orientasi Pengenalan Kampus (OPK), yakni David Ricardo, Irving Fisher, Robert Malthus, Adam Smith, JM Keynes, Heinrich Gossen, dan Luca Pacioli. Di atasnya ada lirik lagu kebanggaan semasa OPK.

Lalu, di sisi lain, terlihat mural berbagai brand yang menemani dan mewarnai angkatan 2000. Lukisan di dinding ini akan mengajak siapapun melihat kilas balik ke zaman tersebut. Sementara di bagian atap, desainnya terinspirasi dari kapal The Matrix.

“Kami mengumpulkan dana sejak 2018 dan rencana mulai proses renovasi pada 2020, tetapi terhalang pandemi. Tapi alhamdulillah akhirnya jadi, terima kasih teman-teman angkatan 2000 atas partisipasinya selama ini,” ujar Marlow.

Alumni FEB UI angkatan 2000 berharap kelas hybrid ini mampu mendukung pembelajaran mahasiswa agar mengurangi adanya learning loss selama masa pandemi. Acara pun dilanjutkan dengan berdialog, pemotongan tumpeng, hingga foto, dan makan siang bersama. (h)