Jaga Kesehatan Sekaligus Kelestarian Pesisir, BEM PE FEB UI Gelar Virtual Natu-Run 2022

Jaga Kesehatan Sekaligus Kelestarian Pesisir, BEM PE FEB UI Gelar Virtual Natu-Run 2022

 

Rifdah Khalisha – Humas FEB UI

DEPOK – (7/1/2022) Badan Eksekutif Mahasiswa Program Ekstensi FEB UI menggelar rangkaian acara “Virtual Natu-Run 2022: Green Living for Sustainability” pada 25–31 Desember 2022, lalu ditutup dengan “Donasi dan Penanaman Bibit Mangrove” pada Sabtu (7/1).

Melalui acara ini, harapannya mampu mendorong mahasiswa untuk senantiasa menjaga kebugaran tubuh, meningkatkan motivasi, dan menjaga kelestarian kawasan pesisir, melalui kegiatan berlari yang dilakukan bertahap di manapun dan kapanpun.

Para peserta yang mengikuti virtual run harus berlari minimal sejauh 5 kilometer dan menggunakan aplikasi strava untuk mencatat hasil larinya. Kegiatan ini dilakukan secara bertahap, selama rentang waktu 25 hingga 31 Desember 2022, diakhiri dengan lari bersama di Gelora Bung Karno (GBK).

Namun, panitia menerima pelaporan hasilnya hingga 3 Januari 2023 untuk menentukan pelari tercepat dan pelari terjauh. Selain itu, setiap peserta bisa memposting hasil larinya pada akun Instagram pribadi untuk meraih predikat pemenang terfavorit. Berdasarkan hasil penilaian,  diumumkan pada 7 Januari 2023 melalui Instagram BEM PE FEB UI.

Donasi Penanaman Bibit Mangrove

Indonesia termasuk negara yang memiliki hutan mangrove dengan luasan 20-25% dari ekosistem mangrove dunia. Dengan kata lain, seperlima dari hutan mangrove dunia berada di wilayah Indonesia. Kehadirannya memainkan peranan penting bagi ekosistem kehidupan manusia.

Mengingat kondisi iklim kian ekstrim, mahasiswa Prodi Ekstensi FEB UI terdorong untuk membangkitkan kesadaran masyarakat dan menjaga keberlangsungan bumi dari abrasi pada pesisir pantai. Terlebih, mangrove merupakan solusi dari abrasi dan berbagai permasalahan manusia, seperti banjir, gelombang tinggi, tsunami, penyimpan karbon 5 kali lebih besar, dan penghasil oksigen 2 kali lebih banyak.

Gian Ahmad Rifki (Mahasiswa S1 Ekstensi Manajemen Angkatan 2020) selaku Ketua Pelaksana Virtual Natu-Run 2022 mengungkapkan, “Menutup rangkaian acara, kami mengajak para peserta untuk berdonasi mangrove yang akan diserahkan pada pengelola kawasan konservasi alam mangrove Taman Wisata Alam Angke Kapuk sebagai wujud bakti kepada lingkungan hidup untuk menjaga kelestarian kawasan pesisir pantai dari abrasi laut.”

“Pada saat pendaftaran Virtual Natu-Run 2022, kami telah membuat bundling tiket dengan pembelian bibit mangrove, sehingga sudah kita pastikan bahwa setiap peserta telah berdonasi untuk minimal 1 (satu) bibit mangrove,” imbuh Kezia Christiana (Mahasiswa S1 Ekstensi Manajemen Angkatan 2020) sebagai Wakil Ketua Pelaksana.

Melihat antusias yang tinggi, panitia Virtual Natu-Run 2022 membuka kembali pendaftaran bagi mahasiswa atau masyarakat non peserta yang ingin berkontribusi memberikan donasi bibit tanaman mangrove.

Setelah itu, panitia mahasiswa Program Ekstensi FEB UI menyerahkan tanda donasi dengan penanaman simbolis 100 bibit mangrove dan pemberian plakat kepada pengelola Taman Wisata Alam Mangrove Angke Kapuk. Turut hadir mendampingi, Siti Nuryanah, Ph.D. (Koordinator Prodi S-1 Ekstensi) dan sekretariat Prodi Ekstensi FEB UI. Acara pun disiarkan secara langsung pada akun Instagram BEM Program Ekstensi FEB UI.

Akhir kata, panitia Virtual Natu-Run 2022 Ayunda Ghana Kusumadewi (Mahasiswa S1 Ekstensi Manajemen Angkatan 2021) mengatakan, “Melalui Virtual Natu-Run 2022, mahasiswa Program Ekstensi FEB UI, alumni mahasiswa UI, dan masyarakat umum diharapkan dapat bersama menjaga kesehatan jasmani dan kelestarian lingkungan hidup sebagai warisan untuk generasi mendatang.” (mh)