FEB UI Gelar Townhall Meeting dengan Pimpinan dan Tenaga Kependidikan, Dekan FEB UI: IKU 2022 Mencapai 200%

FEB UI Gelar Townhall Meeting dengan Pimpinan dan Tenaga Kependidikan,

Dekan FEB UI: IKU 2022 Mencapai 200%

 

DEPOK – (18-19/11/2022) Dalam rangka memberikan informasi terkini terkait perkembangan fakultas dan kontrak kinerja pada 2023 kepada seluruh tenaga kependidikan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI), fakultas menggelar ‘Townhall Meeting’ pada Rabu (18/1) di Ruang 401-403 Gedung Pascasarjana FEB UI Lantai 4 dan Kamis (19/1) di Auditorium Soeriaatmadja, Kampus UI Depok..

Diawali dengan arahan dari Dekan FEB UI, Teguh Dartanto, Ph.D. memaparkan bahwa FEB UI telah mencapai 200% capaian Indikator Kinerja Utama (IKU) pada 2022 dan mencatatkan Hak Kekayaan Intelektual (HKI) sebanyak 261%, serta jumlah start-up sebesar 167%, dua target yang pada tahun-tahun sebelumnya belum pernah tercapai. Tercatat, 32 IKU telah melebihi target.

Selama 2022, berbagai sistem kerja baru dirancang, program kerja dicanangkan, transformasi dilakukan, inovasi dan kreativitas dikembangkan, kebiasaan baru diperkenalkan, monitoring dan evaluasi menjadi standar, semangat continous improvement diinternalisasikan, budaya kerja digelorakan, kolaborasi dan kebersamaan tim menjadi panduan, dan akhirnya target IKU dapat dituntaskan.

Capaian 200% tersebut adalah buah hasil dari sebuah proses panjang dan kerja bersama seluruh sivitas akademika FEB UI. Bukan hanya sekadar angka, capaian IKU merupakan sebuah tanda bahwa FEB UI dalam usia yang tidak muda masih terus berusaha untuk selalu gesit (agile), adaptif, inklusif, inovatif, kolaboratif, dan transformatif dalam mengahadapi tantangan yang selalu berubah. Capaian 2019 (106.54%), 2020 (114,38%), 2021 (130,14%) dan 2022 (200,89%) merupakan tanda bahwa kita memiliki budaya continuous improvement yang luar biasa.

Lebih lanjut, Teguh mengungkapkan, “Kami menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya pada seluruh pimpinan unit, baik dari Departemen, Program Studi, Pusat Administrasi Fakultas, Unit Kerja Khusus, serta seluruh sivitas akademika FEB UI yang telah bekerja keras, bekerja cerdas, dan bekerja ikhlas untuk FEB UI.”

Perolehan double crown accreditaiton AACSB dan AMBA merupakan capaian terbesar pada 2022. Kenaikan jumlah Lektor Kepala sebesar 400%, jumlah materi terbuka (Massive Open Online Courses/MOOCs) sebesar 747%, jumlah publikasi Q1 dan Q2 yang melesat dengan capaian 310%, serta luaran pengabdian masyarakat sebesar 675%.

Pembentukan beberapa unit baru di awal 2022, seperti DOSPEM-IR (Dean Office for Strategic Planning, Monitoring and Evaluation-International Ranking), Faculty Academy, CELEB (Center for Education and Learning in Economics and Business), dan IASEB (Institute for Advanced Studies in Economics and Business) memberikan perubahan signifikan dalam mendukung capaian kinerja luar biasa di 2022.

Sementara perjalanan 2023 ditandai dengan rencana penggabungan beberapa unit, seperti VKA (Ventura, Kerjasama, dan Alumni) ke dalam Unit Kantor Urusan International, Ventura, dan Kerjasama, sedangkan urusan Alumni ke dalam Kantor Kemahasiswaan dan Alumni. Lalu, ICTC (Information, Communication, and Technology Center) akan bergabung ke DOSPEM-IR. FEB UI pun menetapkan unit baru, FOrSE (Facility, Operational, Safety, and Environment) dan re-branding Unit SDM (Sumber Daya Manusia) menjadi PnC ( People and Culture).

“Capaian ini bukan titik, tetapi koma. Kita harus terus bekerja menghadapi 2023. Transformasi budaya kerja dan organisasi akan terus dilakukan, inovasi dan-inisiatif baru akan diluncurkan, kolaborasi seluruh sivitas akademika akan terus ditingkatkan,” tegas Teguh.

FEB UI sedang mempersiapkan Rencana Strategis 2023-2027 menuju the next level of excellence. Oleh karena itu, Pimpinan FEB UI berharap kepada seluruh sivitas akademika untuk terus mempertahankan prestasi, berkolaborasi, dan berinovasi untuk kemajuan FEB UI tercinta.

Teguh pun menegaskan, FEB UI berkomitmen untuk terus menjaga integritas dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab dalam rangka mewujudkan lingkungan yang bersih dan bebas dari Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme (KKN).

Dengan kesungguhan menuju Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM), FEB UI mengimbau kepada seluruh sivitas akademika FEB UI untuk tidak menerima, meminta, dan memberi gratifikasi dalam bentuk apapun, baik barang, jasa, rabat, atau fasilitas lainnya, yang berhubungan dengan jabatan. Jadi, stakeholders dapat berterima kasih atas kinerja sivitas akademika tanpa perlu ‘ngasih’.

Acara dilanjutkan dengan presentasi mengenai capaian kinerja 2022 dan target tahun ini dari Pimpinan Unit Pusat Administrasi Fakultas, Departemen, dan Program Studi FEB UI. Tercatat, seluruh unit telah sukses melampaui persentase IKU yang ditargetkan, serta melaksanakan tugas-tugas yang berada dalam cakupan ‘Beyond IKU’. Lalu pada pertemuan dengan tendik, terdapat diskusi dengan para tendik terkait kesan, pesan, saran, dan kritik, yang ingin disampaikan.

Membuka tradisi baru, Townhall Meeting ini akan menjadi acara tahunan. FEB UI berkomitmen untuk terus meningkatkan mutu pendidikannya dan melaksanakan praktik komunikasi terbuka di lingkungan fakultas. Adapun Townhall Meeting ini akan dilaksanakan selama dua hari, yakni 18 dan 19 Januari 2023. (ds)