Promosi Doktor PPIM FEB UI Teliti Endogenous Uncertainty: Does Investment Inefficiency Contribute To Uncertainty?

Promosi Doktor PPIM FEB UI Teliti Endogenous Uncertainty: Does Investment Inefficiency Contribute To Uncertainty?

 

Nino Eka Putra ~ Humas FEB UI

DEPOK ā€“ (9/5/2023)Ā Program Pascasarjana Ilmu Manajemen (PPIM) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, mengadakan sidang terbuka Promosi DoktorĀ Rita Juliana, yang berlangsung di ruang 401-403, Gedung Pascasarjana FEB UI, Selasa (9/5).

Sidang Promosi Doktor ini diketuai oleh Prof. Nachrowi Djalal Nachrowi, Ph.D., dengan pembimbingĀ Prof. Dr. Irwan Adi Ekaputra (Promotor),Ā Zaafri Ananto Husodo, Ph.D. (Ko-Promotor 1), Dr. Kim Sung Suk (Ko-Promotor 2). Selaku tim penguji,Ā Prof. Dr. Lindawati Gani (Ketua Penguji), dengan anggota terdiri dari Arief Wibisono Lubis, Ph.D., Dony Abdul Chalid, Ph.D., Inka B. Yusgiantoro, Ph.D., dan Viverita, Ph.D.

Pada sidang terbuka ini,Ā Dr. Rita Juliana mengangkat disertasi yang berjudul ā€œEndogenous Uncertainty: Does Investment Inefficiency Contribute To Uncertainty?ā€. Promovenda Rita Juliana melakukan penelitian dengan menginvestigasi ketidakpastian endogen dengan melakukan observasi pada hubungan antara investasi perusahaan dan ketidakpastian pada level makro. Sampel penelitian ini adalah perusahaan Amerika yang tercatat pada bursa efek dengan periode observasi dari 1996 q1 hingga 2019 q4.

Berdasarkan analisis Vector Autoregressive (VAR), hasil menunjukkan bahwa underinvestment menyebabkan peningkatan dari ketidakpastian berasal dari berita yaitu ketidakpastiaan kebijakan ekonomi. Sedangkan, overinvestment meningkatkan ketidakpasian makroekonomi. Ā Terlebih lagi, baik overinvestment maupun underinvestment menyebabkan peningkatan pada ketidakpastian pasar keuangan. Information channel hypothesis dapat menjelaskan hubungan positif antara underinvestment dan ketidakpastian kebijakan ekonomi.

Selain itu, hubungan positif antara overinvestment dan ketidakpastian makro berhubungan dengan excessive growth speculation hypothesis. Analisis tambahan pada subsample perusahaan kecil (besar) juga memperjelas kembali penjelasan information flow (excessive growth speculation) hypothesis.

Dewan Pimpinan sidang terbuka promosi doktor memutuskan, Rita Juliana lulus dengan predikatĀ Sangat Memuaskan dan berhasil meraih gelar Doktor yang ke-310 Bidang Ilmu Manajemen Keuangan dan Perbankan. Selamat kepada Dr. Rita Juliana!