Raih Asia Pacific Champion, Mahasiswa FEB UI Jadi Tim Indonesia Pertama di Global Finals CFA Research Challenge 2023

Raih Asia Pacific Champion, Mahasiswa FEB UI Jadi Tim Indonesia Pertama di Global Finals CFA Research Challenge 2023

 

Rifdah Khalisha – Humas FEB UI

DEPOK – (03/05/2023) Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI) yang tergabung dalam Tim Fortuna Capital berhasil sebagai tim pertama yang mewakili Indonesia melaju ke Global Finals CFA Research Challenge 2023, di Washington DC, Amerika Serikat, setelah 17 tahun partisipasi Indonesia pada kompetisi tersebut.

Terbentuk berdasarkan keinginan memiliki tim yang well-composed, Tim Fortuna Capital terdiri atas Reinard Tanukusuma (Mahasiswa S-1 Manajemen), Kevi Cyril Ahmad (Mahasiswa S-1 Manajemen), Gabriella Caryn Nanda (Mahasiswa S-1 Ilmu Ekonomi), Gerald Oktavianus Hugo (Mahasiswa S-1 Akuntansi), dan Jessica Annabel Tio Prisca (Mahasiswa S-1 Ilmu Ekonomi), untuk memastikan setiap anggota memiliki keunggulan menghasilkan riset menyeluruh dari berbagai aspek.

Perjalanan dimulai sekitar Oktober 2022. Sebelum melaju sebagai global finalist, tim harus melewati berbagai babak yakni a. Indonesian Final (Februari); b. Sub-Regional Southeast Asia (Maret); c. Regional Semi-Final – Asia Pacific (April); hingga d. Regional Final – Asia Pacific (April).

CFA Institute Research Challenge sendiri merupakan ajang perlombaan analisis investasi paling bergengsi, dengan objektif meneliti dan menganalisis perusahaan publik yang ditunjuk, mempersiapkan laporan yang mendukung rekomendasi investasi buy, hold, or sell saham perusahaan, dan mempresentasikan hasil temuan kepada panel juri yang merupakan profesional di industri.

“Melihat kompetisi ini berskala global, melibatkan lebih dari 6,000 mahasiswa dari 1,000 universitas partisipan setiap tahunnya dari seluruh dunia, kami menilai bahwa dengan keikutsertaan pastinya akan memberikan banyak pengalaman berharga dan value-added,” ujar Reinard.

Persiapan Melaju ke Global Finals CFA Institute Research Challenge 2023

Reinard mengutarakan rasa bangga dan bahagianya setelah dinyatakan menjuarai CFA Institute Research Challenge Indonesia 2023 dan berhasil melaju ke Global Finals, “Kami sangat senang, kaget, dan tentunya bangga. Hasil diumumkan langsung pada 14 April setelah berpartisipasi dalam babak Regional Final untuk wilayah Asia Pacific, bertanding melawan perwakilan tim Australia (University of Sydney dan University of Queensland) dan India (Indian Institute of Foreign Trade, New Delhi). Sungguh, 7 bulan jerih payah kami tidak sia-sia.”

Berbagai persiapan dilakukan setelahnya, seperti sesi mentoring kembali dengan mentor mengenai hal yang bisa mereka perbaiki dari penampilan di babak sebelumnya, baik dalam presentasi maupun sesi tanya jawab. Selain itu, mereka menyaksikan dan mengulas penampilan Global Finalist CFA Research Challenge tahun sebelumnya untuk melihat strong points yang dapat diterapkan dalam penampilan timnya.

Saat kompetisi, CFA Institute memberikan tolak ukur penilaian guna mengukur secara lebih objektif. Beberapa kriteria penilaian, meliputi Financial Analysis (kemampuan analisis kondisi keuangan perusahaan), Valuation (kemampuan melakukan valuasi perusahaan), ESG (kemampuan menilai dan menganalisis komponen environmental, social, and governance), Presentation (kemampuan melakukan presentasi yang efektif), Q&A (kemampuan menjawab pertanyaan), Team Involvement (partisipasi imbang dari seluruh anggota tim), dan Materials (kualitas konten presentasi).

Pada ajang ini, FEB UI berkompetisi dengan California Polytechnic State University, California State University, Polytechnic University of Milan, dan University of Neuchatel. Hingga akhirnya, berhasil meraih juara sebagai Asia Pacific Champion – Global Finalist.

Selama kompetisi, Tim Fortuna Capital didukung penuh, oleh Pimpinan, Kemahasiswaan, International Office, Dosen, hingga ILUNI (Ikatan Alumni) FEB UI. “Terlebih, kami ingin berterima kasih kepada Bu Susantini, Bu Luluk Widyawati, dan Prof. Budi Frensidy, yang telah menghubungkan kami kepada anggota ILUNI FEB UI. Tidak lupa, rekan ILUNI FEB UI yang telah membantu secara materiil maupun moral.”

“Kami percaya, ke depannya akan banyak perwakilan Indonesia yang mampu tampil di kancah global. Dengan terbukanya jalan dan semakin dikenalnya nama FEB UI, UI, maupun Indonesia di tingkat dunia. Kami berharap FEB UI dan UI terus mendukung mahasiswa dalam meraih prestasi. Hal ini selaras dengan diraihnya akreditasi AACSB, prestasi CFA Global Research Challenge mengukuhkan standar FEB UI sebagai salah satu Fakultas Ekonomi dan Bisnis terbaik di Indonesia.”

Pengalaman dan Pembelajaran Selama Kompetisi

“Banyak pembelajaran baru terkait ‘know-how’ membuat equity research report & presentation yang baik dan benar, dengan adanya sesi mentoring bersama industry professional dan input para juri. Menurut saya, strength tim kami adalah kemauan untuk selalu melihat kekurangan, lalu keep improving untuk babak selanjutnya,” ujar Reinard.

Awalnya, Kevi tidak menyangka Tim Fortuna Capital berhasil lolos ke tahap Global Final mewakili Indonesia. Ia merasa sangat bangga dan bersyukur pada berbagai pihak, termasuk juri yang selalu memberikan feedback konstruktif. Baginya, membangun network dengan tokoh yang dihormati dalam pasar modal Indonesia merupakan pengalaman paling berharga.

“Saya sebagai seseorang yang berasal dari Ilmu Ekonomi tidak banyak belajar mengenai dunia finance. Oleh karena itu, banyak hal berkaitan dengan analisis saham baru saya pelajari saat mengikuti kompetisi ini. Berkesempatan menjadi CFA Global Finalist adalah sesuatu yang jauh melebihi ekspektasi saya dan akan menjadi pengalaman yang sangat berharga tentunya,” ungkap Jessica.

Lebih lanjut, Gerald mengatakan, “Keikutsertaan dalam lomba ini memampukan saya untuk mengaktualisasi diri pada hal yang telah saya pelajari selama berkuliah di FEB UI. Di sini saya berkesempatan mempelajari real-life process membangun pandangan terhadap sebuah perusahaan dan tentunya sahamnya. Semoga pencapaian kami menjadi pintu pembuka bagi kesuksesan Indonesia di ranah global seterusnya.”

Akhir kata, Gabriella mewakili Tim Fortuna Capital sangat berterima kasih kepada seluruh pihak yang telah memberikan ilmu dan mendukung kami dari tahap nasional hingga global. “Secara pribadi, kami sangat bangga dapat mewakili FEB UI, Universitas Indonesia, dan Indonesia di kancah internasional. Saya berharap, Indonesia pada tahun selanjutnya dapat kembali mewakili ke tahap Global Final, dan bahkan memenangkan kompetisi.”

Bertemu President CFA Society dan Duta Besar Indonesia

Usai kompetisi, mahasiswa FEB UI diundang berkunjung ke Kedutaan Besar Republik Indonesia di Washington DC yang berlokasi di kawasan Dupont Circle – 2020 Massachusetts. Mereka diterima langsung oleh Bapak Rosan Roeslani, Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat.

Mereka bercerita, “Kami berbincang mengenai teknis perlombaan dan persiapan yang telah kami lakukan, disusul diskusi lebih lanjut mengenai berbagai topik, seperti kondisi perindustrian di Indonesia. Beliau pun menceritakan pengalamannya sebagai seorang profesional yang tentu memberikan banyak wawasan baru. Kami pun diajak berkeliling gedung KBRI untuk Amerika Serikat nan kaya dan kental akan sejarah,”

“Selain itu, kami diundang bertemu Board Member dari CFA Society Indonesia untuk berdiskusi langsung dengan Pak Pahala Nugraha Mansury, President CFA Society Indonesia yang juga menjabat sebagai Wakil Menteri BUMN Republik Indonesia,” imbuhnya.

Terima kasih kepada Tim Fortuna Capital yang telah mengharumkan nama Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia serta Indonesia di ajang internasional. Semoga tetap semangat meraih prestasi dan menginspirasi! (hr)