Meneladani Sifat Nabi Ibrahim dan Ismail, FEB UI Laksanakan Penyembelihan Hewan Sumbangan Kurban Iduladha 1444 Hijriah

Meneladani Sifat Nabi Ibrahim dan Ismail, FEB UI Laksanakan Penyembelihan Hewan Sumbangan Kurban Iduladha 1444 Hijriah

 

Nino Eka Putra ~ Humas FEB UI

DEPOK ā€“ (1/7/2023) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI) melaksanakan penyembelihan hewan sumbangan kurban sebagai peringatan Hari Raya Iduladha 1444 Hijriah, di Parkiran Motor FEB UI, Sabtu (1/7).

Pada tahun ini, penyembelihan hewan kurban merupakan sumbangan dari FEB UI bukan atas nama pribadi, berupa 1 ekor sapi dari FEB UI dan 1 ekor kambing dari Suparmini, Tenaga Kependidikan (Tendik) KKI-FEB UI. Sebanyak 241 kupon/bungkus daging hewan sumbangan kurban diperuntukkan bagi tendik golongan II tanpa jabatan,Ā ekspedisi, supir, petugas, dan cleaning service.

Manajer People and Culture FEB UI Erni Sukmadini Asikin, S.P., M.S.M., mengucapkan terimakasih kepada para tendik FEB UI yang bersedia menjadi panitia dan rekan tim penyembelihan yang membantu FEB UI untuk mempelancar pemotongan kurban tahun ini. ā€œSemoga penyembelihan hewan sumbangan kurban ini dapat memberikan manfaat bagi kita,ā€ tutur Noni.

Pada kesempatan yang sama, Plh Dekan FEB UI Arief Wibisono Lubis, Ph.D., menyampaikan sebagaimana video ucapan dari Dekan FEB UI Teguh Dartanto, Ph.D., terkait Iduladha bahwa setiap kita adalah Ibrahim. Ibrahim punya Ismail, sedangkan Ismail kita mungkin harta, gelar, jabatan, ego, atau apapun itu yang kita sayangi dan pertahankan.

Allah SWT tidak memerintah Ibrahim untuk menyembelih Ismail, tetapi hanya memerintah untuk membunuh rasa ā€˜kepemilikanā€™ berlebih atas sesuatu yang hakikatnya milik Allah SWT dan akan kembali kepada-Nya. Di antara riuhnya dunia, mari kita berhenti sejenak untuk meneladani pengorbanan Nabi Ibrahim dan mengingat bahwa kebahagiaan terbesar adalah saat kita bisa berbagi dengan sesama.

Arief menegaskan bahwa kita tidak diminta oleh Allah SWT untuk menghilangkan semuanya, tapi halnya mengendalikan agar tidak diperbudak oleh harta, tahta, gelar, jabatan, dan ego. Semoga dengan simbolisasi penyembelihan hewan sumbangan ini bisa menjadi cerminan bahwa kita bisa meneladani Nabi Ibrahim dan Ismail dalam mengendalikan ego dan tidak diperbudak oleh harta, tahta, gelar, dan jabatan.

ā€œAtas nama Pimpinan FEB UI, kami mengucapkan terimakasih kepada para panitia yang sudah mengatur penyelenggaraan penyembelihan hewan sumbangan ini. Semoga penyembelihan hewan sumbangan ini bisa bermanfaat untuk kita dan bisa didistribusikan kepada pihak yang berhak mendapatkan,ā€ demikian Arief menutup sambutannya.