Bincang Akademik PPIA Bahas Riset Audit dan Info Session Michigan State University

Bincang Akademik PPIA Bahas Riset Audit dan Info Session Michigan State University

 

DEPOK – (27/06/2023) Program Pascasarjana Ilmu Akuntansi (PPIA) FEB UI mengadakan Bincang Akademik PPIA dengan topik “Developing Research Ideas in Auditing” bersama Associate Professor Kenneth Bills dari Michigan State University (MSU), pada Selasa 27 Juni 2023. Acara ini diisi pula dengan Info Session program Joint Degree S-2 PPIA dengan MSU.

Pada acara ini, pemateri memaparkan berbagai topik menarik tentang penelitian di bidang Audit yang dapat digali oleh mahasiswa, antara lain tentang Small Audit Firms, Audit Quality, dan dampak dari berbagai regulasi di bidang audit. Associate Professor Kenneth Bills sendiri telah mempublikasikan beberapa artikel ilmiah bidang audit di berbagai jurnal top-tier dunia, seperti The Accounting Review, Accounting, Organizations and Society, dan Accounting Horizons. Acara tersebut bisa disaksikan kembali di YouTube PPIA FEB UI.

Selain diisi bincang akademik, acara ini memaparkan informasi tentang program Joint Degree S-2 PPIA dengan MSU. Terdapat 3 (tiga) konsentrasi yang dapat dipilih mahasiswa pada program ini, yaitu Konsentrasi Taxation, Konsentrasi Public and Corporate Accounting, dan Konsentrasi Information System. Program joint degree dengan MSU memiliki skema 0.5+1+0.5, artinya semester pertama mahasiswa belajar di PPIA FEB UI, kemudian 2 semester berikutnya di MSU, dan kembali ke PPIA di semester ke-4 untuk menyelesaikan karya akhir. Lulusan dari Program Double/Joint Degree ini akan mendapat dua gelar, yaitu MSAk dan Master of Science in Accounting.

Proses seleksi awal di UI mengikuti prosedur penerimaan mahasiswa baru yang terdiri dari ujian SIMAK UI (termasuk tes TOEFL dan TPA bagi yang belum memiliki skor untuk kedua tes) dan wawancara dengan Ketua dan Staf Ahli Program Studi.  Penerimaan di MSU selanjutnya akan mengikuti kriteria yang ditetapkan oleh MSU, terdiri dari nilai yang telah didapatkan selama menjalani kuliah di UI dan bukti kemahiran berbahasa Inggris sesuai skor minimal yang ditetapkan. Mahasiswa harus mendapatkan nilai IPK minimal 3.3 dan rata-rata 3.3 untuk mata kuliah yang ditransfer ke MSU.

Sementara dalam kemahiran berbahasa Inggris, mahasiswa harus memiliki skor minimal IELTS Overall Band Score 6.5 dengan skor minimal 6 di setiap bagian yang terdiri dari writing, reading, speaking, dan listening, atau skor keseluruhan TOEFL (Internet-Based-IBT) 87 dengan skor writing 22 dan skor reading, speaking, dan listening 19, atau skor keseluruhan TOEFL (Paper-based) 570 dan skor minimal 5.0 pada Test of Written English (TWE).