Promosi Doktor PPIM FEB UI, Sanitianing Anggraini Soroti ‘The Role of Push, Pull, and Mooring Factors in Fuel Consumer Switching Behavior: A System Dynamics Approach’’

Promosi Doktor PPIM FEB UI, Sanitianing Anggraini Soroti ‘The Role of Push, Pull, and Mooring Factors in Fuel Consumer Switching Behavior: A System Dynamics Approach’

 

Rifdah Khalisha – Humas FEB UI

DEPOK – (19/12/2023) Program Pascasarjana Ilmu Manajemen (PPIM) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, mengadakan sidang terbuka Promosi Doktor Sanitianing Anggraini, yang berlangsung di ruang 401- 403, Gedung Pascasarjana FEB UI, Selasa (19/12).

Sidang Promosi Doktor ini diketuai oleh Arief Wibisono Lubis, Ph.D., dengan pembimbing Prof. Dr. Rizal Edy Halim (Promotor), Athor Subroto, Ph.D. (Ko-Promotor I), dan Dr. Asnan Furinto (Ko-Promotor II).  Selaku tim penguji, Prof. Dr. Adi Zakaria Afiff (Ketua Penguji), Prof. Dr. Chairy, Daniel Tumpal Hamonangan Aruan, Ph.D., Dr. Ignatius Heruwasto, dan Dr. Rifelly Dewi Astuti

Dr. Sanitianing Anggraini mengangkat disertasi yang berjudul ‘The Role of Push, Pull, and Mooring Factors in Fuel Consumer Switching Behavior: A System Dynamics Approach’ pada sidang terbuka ini. 

Pada penelitiannya, Promovenda Sanitianing menyoroti pentingnya pemahaman perilaku peralihan pemilik kendaraan dalam memenuhi kebutuhan bahan bakar, khususnya dalam konteks persaingan bisnis National Oil Company yang melibatkan penyedia asing. Fokus penelitian ini adalah mengisi kesenjangan pengetahuan dengan menggunakan konsep teoritis Push, Pull, dan Mooring (PPM).

Penelitian melibatkan 139 responden yang mengisi kuesioner online dan menggunakan data time series longitudinal untuk menganalisis perilaku peralihan pemilik kendaraan. Hasilnya mengonfirmasi perilaku peralihan dalam kondisi yang ada, dengan kerangka kerja push-pull-mooring membantu mengidentifikasi dinamika sistem antara empat penyedia bahan bakar.

Promovenda Sanitianing membahas kompleksitas keputusan konsumen dalam memilih penyedia bahan bakar, “Konsumen yang menggunakan mobil untuk menunjang aktivitas sehari-hari memerlukan pasokan bahan bakar yang tinggi. Di tengah persaingan antara penyedia yang berasal dari perusahaan nasional dan asing, faktor pendorong memiliki pengaruh polaritas positif, mulai dari ekspektasi, harga, persepsi kualitas, dan nilai yang konsumen rasakan. Fasilitas pendukung pun memberikan pengaruh dan daya tarik untuk beralih. Namun, tetap ada potensi konsumen berpindah meskipun kondisi telah optimal,

“Nasionalisme juga muncul sebagai faktor kunci dalam keputusan konsumen, dengan peningkatan rasa nasionalisme dapat secara signifikan mengurangi minat untuk beralih penyedia bahan bakar. Skenario analisis sensitivitas menunjukkan bahwa kenaikan nasionalisme sebesar 30 persen dapat mengurangi minat berpindah sebanyak 50 persen,” lanjutnya.

Meskipun model dinamika sistem mampu memprediksi perilaku peralihan antara penyedia bahan bakar, penelitian tetap memiliki keterbatasannya dalam menggambarkan perilaku konsumen sepeda motor. Oleh karena itu, penelitian lebih lanjut diharapkan dapat memperluas generalisasi model.

Temuan dari penelitian ini memberikan wawasan mendalam tentang perilaku konsumen dalam pasar bahan bakar yang kompetitif. Implikasi potensialnya mencakup strategi kompetitif dan kebijakan penyedia bahan bakar yang dapat meningkatkan daya tarik dan retensi pelanggan.

Dengan ini, Dewan Pimpinan sidang terbuka promosi doktor memutuskan, Sanitianing Anggraini lulus dengan predikat Sangat Memuaskan dan berhasil meraih gelar Doktor yang ke-321 Program Pascasarjana Ilmu Manajemen. Selamat kepada Dr. Sanitianing Anggraini!