Promosi Doktor PPIE FEB UI, Beta Septi Iryani Teliti ‘Essays on economics of hospitality: evidence from hotel and accommodation sector in Indonesia’

Promosi Doktor PPIE FEB UI, Beta Septi Iryani Teliti ‘Essays on economics of hospitality: evidence from hotel and accommodation sector in Indonesia

 

Rifdah Khalisha – Humas FEB UI

DEPOK – (22/01/2024) Program Pascasarjana Ilmu Ekonomi (PPIE) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, mengadakan sidang terbuka Promosi Doktor Beta Septi Iryani, yang berlangsung di ruang 401- 403, Gedung Pascasarjana FEB UI, Senin (22/01).

Sidang Promosi Doktor ini diketuai oleh Profesor Nachrowi Djalal Nachrowi, Ph.D., dengan pembimbing  Profesor Dr. Djoni Hartono (Promotor), Muhammad Halley Yudhistira, Ph.D. (Ko-Promotor I), dan Khoirunnurrofik, Ph.D. (Ko-Promotor II). Selaku tim penguji, Prof. Robert A. Simanjuntak, Ph.D. (Ketua Penguji), Rus’an Nasrudin, Ph.D., Chaikal Nuryakin, Ph.D., dan Dr. Widyono Soetjipto.

Dr. Beta Septi Iryani mengangkat disertasi yang berjudul ‘Essays on economics of hospitality: evidence from hotel and accommodation sector in Indonesia’ pada sidang terbuka ini. 

Pertumbuhan industri pariwisata memberikan manfaat bagi seluruh sektor dalam rantai pariwisata, termasuk sektor perhotelan. Persaingan pada sektor ini semakin meningkat seiring dengan tingginya permintaan terhadap hotel. Maka, pengusaha hotel sebaiknya mempelajari faktor yang memengaruhi daya saing hotel. 

Pada penelitiannya, Promovenda Beta menggunakan Model Porter Diamond yang menganalisis berbagai faktor pengaruh persaingan di sektor perhotelan, berfokus pada faktor struktur, strategi, dan persaingan, serta faktor kedekatan dengan jalan tol sebagai faktor kondisinya. 

Peneliti menggunakan rangkaian data hotel dari 2016 hingga 2019 dan data jalan tol, dengan panel fixed effect untuk menguji dampak strategi bersaing terhadap kinerja hotel dan regresi IV TSLS untuk menjelaskan pengaruh kedekatan dengan jalan tol terdekat terhadap produktivitas hotel. 

Promovenda Beta mengutarakan, “Hasil empiris menunjukkan bahwa hotel dengan strategi konformitas terutama pada kapasitas dan kualitas cenderung memiliki kinerja yang lebih baik. Selain itu, kedekatan dengan jalan tol juga mempengaruhi produktivitas hotel. Hotel yang dekat dengan gerbang tol lebih produktif. Namun uji heterogenitas menunjukkan hasil yang bervariasi antar lokasi hotel.”

Dengan ini, Dewan Pimpinan sidang terbuka promosi doktor memutuskan, Beta Septi Iryani lulus dengan predikat Sangat Memuaskan dan berhasil meraih gelar Doktor yang ke-141 Program Pascasarjana Ilmu Ekonomi. Selamat kepada Dr. Beta Septi Iryani!