Promosi Doktor PPIM FEB UI, Erwin Tenggono Soroti The Effect of Institutional Pressures and Dynamic Managerial Capabilities on Strategic Renewal: The Case of Strategic Agility and Digital Readiness as Mediators in The Healthcare Industry

Promosi Doktor PPIM FEB UI, Erwin Tenggono Soroti The Effect of Institutional Pressures and Dynamic Managerial Capabilities on Strategic Renewal: The Case of Strategic Agility and Digital Readiness as Mediators in The Healthcare Industry

 

Rifdah Khalisha – Humas FEB UI

DEPOK – (22/3/2024) Program Pascasarjana Ilmu Manajemen (PPIM) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, mengadakan sidang terbuka Promosi Doktor Erwin Tenggono, yang berlangsung di ruang 401- 403, Gedung Pascasarjana FEB UI, Jumat (22/3).

Sidang Promosi Doktor ini diketuai oleh Prof. Nachrowi Djalal Nachrowi, Ph.D, dengan pembimbing Budi W. Soetjipto, Ph.D. (Promotor) dan  Dr. Lily Sudhartio, M.Sc. (Ko-Promotor). Selaku tim penguji, Prof. Sari Wahyuni, Ph.D. (Ketua Penguji), Dr. Setyo Hari Wijanto, M.M., Ratih Dyah Kusumastuti, Ph.D., Riani Rachmawati, Ph.D., dan Dr. Darwin Cyril Noerhadi, M.B.A.

Erwin Tenggono mengangkat disertasi yang berjudul ‘The Effect of Institutional Pressures and Dynamic Managerial Capabilities on Strategic Renewal: The Case of Strategic Agility and Digital Readiness as Mediators in The Healthcare Industry’ pada sidang terbuka ini. 

Promovendus Erwin menyoroti tantangan besar yang dihadapi rumah sakit swasta Indonesia di tengah revolusi industri 4.0 dan dampak pandemi. Terlebih seiring dengan peluncuran Digital Roadmap 2024 untuk sektor kesehatan oleh pemerintah, rumah sakit secara mendesak perlu mengembangkan layanan digital guna mengikuti perkembangan zaman. Selain itu, ada kebutuhan pembaharuan strategis pada model bisnis, kolaborasi, dan budaya digitalnya. 

Dalam konteks ini, penelitian mengamati peran persaingan dan tekanan pemerintah dalam memengaruhi sumber daya sehingga rumah sakit dapat membangun tim manajemen yang solid untuk beradaptasi dengan perubahan sekaligus menilai kesiapan digital untuk menggerakan pembaharuan strategis dan membangun hubungan dengan mitra bisnis baru.

Studi empiris ini mengambil sampel dari 308 rumah sakit swasta tipe B dan C di Indonesia. Melalui teknik purposive sampling dan survei snowball sampling, Promovendus Erwin menganalisis data menggunakan LISREL versi 8.8.

Hasilnya, penelitian menemukan kondisi persaingan dan kebutuhan pelanggan merupakan tekanan dominan yang memengaruhi rumah sakit untuk membangun kapabilitas manajerial, membentuk tim yang terintegrasi, serta memicu komitmen untuk menciptakan kolaborasi baru dan ide digital dalam menanggapi disrupsi digital.

Penelitian ini berkontribusi terhadap kajian teori organisasi untuk menyelidiki institutional pressures yang mendorong strategic renewal di sektor kesehatan swasta Indonesia. Selain itu, memperkaya literatur tentang manajemen strategis dengan mendalami faktor mediasi strategic agility dan digital readiness, serta membuktikan konsep digital readiness dari Gfrerer et al., (2021) yang berasal dari studi perubahan strategis dapat digunakan sebagai variabel dependen dalam aspek manajerial dan organisasi.

Dengan ini, Dewan Pimpinan sidang terbuka promosi doktor memutuskan, Erwin Tenggono lulus dengan predikat Summa Cum Laude dan berhasil meraih gelar Doktor yang ke-336 Program Pascasarjana Ilmu Manajemen. Selamat kepada Dr. Erwin Tenggono!