FEB UI bersama IAI dan IFAC Gelar Accountancy Education International Seminar ‘Transforming Accounting Education to Anticipate the Dynamic Role of Professional Accountants’

FEB UI bersama IAI dan IFAC Gelar Accountancy Education International SeminarTransforming Accounting Education to Anticipate the Dynamic Role of Professional Accountants’

 

Rifdah Khalisha – Humas FEB UI

DEPOK – (02/05/2024) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI) bersama Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) dan International Federation of Accountant (IFAC) menggelar IAI – IFAC Accountancy Education International Seminar, bertajuk ‘Transforming Accounting Education to Anticipate the Dynamic Role of Professional Accountants: Highlighting Sustainability and Attractiveness of the Profession’ yang berlangsung di Auditorium Soeria Atmadja, Gedung Dekanat, FEB UI Depok, pada Kamis (2/5).

Dekan FEB UI Teguh Dartanto, Ph.D. dalam sambutan pembukaan menyampaikan, “Peran akuntan profesional sangat krusial sebagai penjaga integritas dan keberlanjutan keuangan, seolah berada di garis depan dalam membentuk masa depan perekonomian global. Sepanjang sejarah, pendidikan akuntansi terus memenuhi tuntutan profesi yang terus berkembang. Namun, kini kebutuhan akan inovasi dan adaptasinya lebih mendesak dibandingkan sebelumnya. Penting bagi kita untuk membekali akuntan masa depan yang tidak hanya mahir secara teknis, tetapi juga memiliki pemikiran kritis, kesadaran etis, dan pola pikir keberlanjutan untuk menavigasi kompleksitas praktik bisnis modern.”

”Saat kita berkumpul di sini hari ini, saya teringat akan dampak besar pendidikan terhadap pembentukan masa depan masyarakat kita. Komitmen kami terhadap keunggulan dalam pendidikan akuntansi melampaui batas ruang kelas. Hal ini mencakup pemberdayaan individu sebagai agen perubahan positif di bidangnya. Dengan memupuk lingkungan yang mendorong inovasi, kolaborasi, dan pembelajaran berkelanjutan, kami membina generasi profesional akuntansi masa depan yang akan memimpin dengan integritas dan mendorong pertumbuhan berkelanjutan,” imbuhnya.

Seminar ini menyoroti perlunya pendidikan akuntansi bertransformasi sesuai kebutuhan lingkungan yang dinamis untuk memastikan daya tarik profesi bagi berbagai pemangku kepentingan utama, melalui tinjauan interpretasi International Accounting Education Standards dan implementasi standar dalam pendidikan akuntansi saat ini yang ditekankan.

Senada, Ketua Dewan Pengurus Nasional IAI Dr. Ardan Adiperdana, CA mengatakan bahwa seminar ini berfungsi sebagai platform untuk mempelajari langkah transformatif untuk membekali calon akuntan dengan keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk berkembang dalam lingkungan profesional.

Sepanjang seminar ini, para pembicara dan pakar terkemuka di bidangnya akan berbagi wawasan, praktik terbaik, dan pendekatan inovatif untuk mentransformasikan pendidikan akuntansi. Selain itu, mengeksplorasi strategi untuk meningkatkan keberlanjutan dan daya tarik profesi akuntansi, memastikan bahwa profesi akuntansi tetap menjadi landasan stabilitas ekonomi dan kesejahteraan.

Board Member IFAC, Council Member IAI, Guru Besar FEB UI Prof. Sidharta Utama, Ph.D., CA, pun membahas perlunya eksplorasi strategi untuk meningkatkan keberlanjutan dan daya tarik profesi akuntansi, memastikan bahwa profesi akuntansi tetap berperan sebagai landasan stabilitas ekonomi dan kesejahteraan.

Sesi diskusi terbagi dalam dua sesi. Pertama mengusung topikInternational Education Standards: Updates and Greater Emphasis on Sustainability and Technology Issues (Revision to the IES)’ bersama para panelis Bruce Vivian (Principal, Accountancy Education, IFAC), Rosita Uli Sinaga, CA (Council Member IAI, Chair, Monitoring Board of Sustainability Standards DPSK IAI), dan Dr. Lianny Leo, CA (Chair, IAI Certification Board for Professional Accountant DSAP IAI). Sesi ini dimoderatori oleh Yulianti, Ph.D., CA (Vice Chair IAI Academic Accountant Compartment (KAPd IAI) dan Ketua Departemen Akuntansi FEB UI).

Kedua, mengangkat topik ‘Looking Forward – Attractiveness of the Profession’ bersama para panelis Bruce Vivian, Tanya Musumhi (Manager IFAC), Prof. Dr. Lindawati Gani, CA (PAIB Advisory Group Member, IFAC/Council Member, IAI/Board Member, CAW/Professor at FEB UI), Dr. Arie Wibowo, CPA (Head of Division of Financial Profession Development, Center for Financial Profession Supervisory, Ministry of Finance), Jumadi, CA (Council Member IAI/Partner PwC Indonesia), Raden Yudi Ramdan, CA (Vice Chair IAI Public Sector Accountant Compartment KASP IAI), Jacky Mussry (Member IAI Professional Accountant in Business Compartment KASB IAI). Sesi ini dimoderatori oleh Luluk Widyawati, Ph.D. (Ketua Program Studi S-1 Akuntansi FEB UI). Acara pun diakhiri dengan kata penutup dari Prof. Dr. Dian Agustia, CA (Chair, Educator Accountant Compartment KAPd IAI).