Kuliah Umum MAKSI-PPAk. : Beradaptasi Melalui Inovasi

0

Kuliah Umum MAKSI-PPAk. : Beradaptasi Melalui Inovasi

Hana Fajria ā€“ Humas FEB UI

Depok ā€“ (13-11-2020) Magister Akuntansi ā€“ Pendidikan Profesi Akuntan (MAKSI-PPAk.) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, mengadakan webinarĀ Kuliah Umum, dengan topik ā€œBeradaptasi Melalui Inovasiā€. Acara ini diisi oleh narasumber Neneng Goenadi, Country Managing Director, Grab Indonesia, dengan moderator Edgar Ekaputra, SE, MM, Dosen FEB UI dan Komisaris Independen PT. Bahana ICW Investment, pada Jumat (13/11/2020,).

Ketua Departemen Akuntansi FEB UI sekaligus Plt. Ketua Program Studi MAKSI-PPAk., Ā Dr. Ancella A. Hermawan membuka acara kuliah umum dan mengapresiasi narasumber karena acara ini dapat memberikan inspirasi dan manfaat kepada mahasiswa agar menyiapkan karya akhir nantinya dengan memahami situasi terkini dari penyampaian narasumber.

Neneng Goenadi menjelaskan bagaimana Grab terus berinovasi dan berkolaborasi dengan beberapa open ecosystem membentuk the largest digital ecosystem serving di Indonesia. Di Indonesia Grab memulai karirnya danĀ  bertambah secara subtansial dengan regional food dan delivery service yang sudah merambah ke 263 kota. Layanan Grab mencakup transportasi, pengiriman makanan, layanan keuangan, dan banyak lagi.

Menurutnya ada 3 hal menyangkut leadership di digital era ini. Pertama, KNOWLEDGE, update diri setiap hari dengan terus memantau berita industri di seluruh dunia dan terus tantang diri dengan memperluas jaringan, sehingga selalu up to date. Kedua, INNOVATION BASED ON DATA, bersaing dengan fokus pada inovasi, menawarkan produk dan layanan yang inovatif Ā serta relevan, mengubah inovasi menjadi budaya di operasi sehari-hari perusahaan. Ketiga, EXECUTE EXECUTE EXECUTE, dengan bersikap cerdas dan gesit saat merencanakan sesuatu, serta memiliki budaya berbasis data yang membantu pengambilan keputusan dan efektif.

Menurut Neneng, pemimpin di era digital harus mempunyai Purpose, Collaboration, dan Agility. ā€œInovasi dimulai dengan yang sederhana tapi harus fokusā€ kutip Neneng.

Neneng memberikan pesan, Ā ā€œPersonal Branding dan resilience itu penting. You need to challenge things in this era, nothing is impossible anymore. Everything is possible with technology. Itā€™s actually amazing,ā€ tutup Neneng. (hjtp)

Ā 

Ā 

Ā