LM FEB UI: Jurus Memikat Talenta Terbaik, Employer Branding and Hiring Strategy

0

LM FEB UI: Jurus Memikat Talenta Terbaik, Employer Branding and Hiring Strategy

 

Hana Fajria – Humas FEB UI

Depok – (27/10/2020) Lembaga Manajemen FEB UI bekerja sama dengan SWA mengadakan HR Excellence Webinar Series, yang bertajuk “Jurus Memikat Talenta Terbaik , Employer Branding and Hiring Strategy” pada Selasa, 27 Oktober 2020.   Agus Sudarmoko, Head of Human Resource PT Sasa Inti Tbk., memaparkan  tentang  Employer Branding and Hiring Strategy, sedang  pembahasan dilakukan oleh Bagus Adi Lutfi, Dr. (Cand.), Dosen dan Talent Analytics Specialist LM FEB UI, dengan moderator Vicky Rachman, Redaktur SWA.

 

Agus Sudarmoko menjelaskan pengalamannya di PT. Sasa, dalam menerapkan  employer branding. Pertama, develop employee value proposition, yang menawarkan nilai  perusahaan sebagai daya tarik, untuk menarik bakat baru dengan menginformasikan melalui semua jalur komunikasi. Kedua, implement recruitment marketing, yaitu proses mempromosikan merek perusahaan secara eksternal, menggunakan media sosial dengan pendekatan yang orisinil dan konsisten. Ketiga, attract: the importance of social media, yaitu mengikuti perkembangan jaman dengan menggunakan media sosial dalam strategi perekrutan.  Keempat, strategy: job fair – offline & virtual, dan kelima, aggressively approach university, dengan mengunjungi universitas secara agresif untuk kampanye branding perusahaan, kerja sama berupa magang, kunjungan perusahaan, MoU, ataupun Beasiswa.

Keenam, employee referral, metode internal untuk mencari kandidat . Referral karyawan adalah program terstruktur perusahaan dan organisasi yang digunakan untuk menemukan orang-orang berbakat, dengan meminta karyawan yang ada untuk merekomendasikan kandidat dari jaringan mereka yang sudah ada. Ketujuh, behavioral interview techniques, tes psikologi dan tes wawancara  dengan teknik STAR (Situation, Task, Action, Result). Kedelapan,  innovation and breakthrough in selection process dengan terus menerus melakukan inovasi, seperti yang sebelumnya manual menjadi otomatis dengan online selection tes. Kesembilan, onboarding new employee,  dengan membuat karyawan baru merasa diterima dan menjadi bagian dari perusahaan, memastikan karyawan baru memiliki informasi dasar sehingga mereka dapat melakukan pekerjaannya dengan baik, memahami organisasi secara luas (visi, misi, budaya, dan nilai-nilai bersama perusahaan) serta membantu karyawan memulai sosialisasi di perusahaan.  Terakhir,  Improvement dengan tetap memperhatikan sistem manajemen, lingkungan kerja yang nyaman, hingga memberikan kompensasi.

Dengan melakukan strategi tersebut impressions rate, follower, engagement rate hingga new candidat meningkat pesat.

Bagus Adi Lutfi, Dr. (Cand.), Dosen dan Talent Analytics Specialist LM FEB UI menanggapi paparan dari  Pembicara Agus Sudarmoko, dengan menambahkan materi mengenai rejuvinating talent acquisition strategy Ia juga menyimpulkan  skenario akuisisi untuk kedepannya, yang akan meningkat ialah Employee Referral, Social Community dan Talent Scouting. (hjtp)