Halalbihalal FEB UI 2021

0

Halalbihalal FEB UI 2021

 

Rifdah Khalisha – Humas FEB UI

DEPOK – (17/5/2021) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia menggelar halalbihalal secara daring, dalam rangka Hari Raya Idulfitri 1442 Hijriah, pada Senin (17/5). Kegiatan ini bertujuan menyambung tali silaturahmi pada momen kemenangan bersama keluarga besar FEB UI, sekaligus memberi informasi terkini tentang FEB UI. Meski masih berada di tengah kondisi pandemi COVID-19, seluruh warga FEB UI tetap bersyukur akan karunia sehat dan selamat sehingga dapat bertatap dan bermaafan secara virtual.

Mengawali acara, Teguh Dartanto selaku Pj. Dekan FEB UI mengutarakan, “Marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan nikmat kesehatan sehingga hari ini kita bisa bertemu pada sebuah tradisi baik khas Indonesia, yaitu halalbihalal, dalam keadaan sehat walafiat. Saya secara pribadi dan institusi menyampaikan dengan ketulusan hati, mohon maaf kepada bapak ibu dosen, karyawan, dan mahasiswa jika selama berinteraksi ada yang kurang berkenan.”

Lalu, ia berbagi kabar terbaru mengenai kondisi di FEB UI. Pertama, tentang pergantian  Pejabat (Pj) Dekan dari  Dr. Beta Yulianita Gitaharie kepada Teguh Dartanto, PhD., per tanggal 17 Mei 2021. Baginya, pergantian pejabat dekan maupun struktur kepemimpinan tidak berarti terjadi perubahan arah FEB UI. Institusi ini akan tetap memegang nilai inklusif, terbuka, inovatif dan menghargai perbedaan. Kemudian, Teguh juga mengingatkan kembali tentang  AACSB. Mengingat proses akreditasi AACSB telah memasuki babak baru, maka FEB UI harus mempersiapkan penulisan self evaluation report dan proses visitasi. Teguh mengajak seluruh keluarga FEB UI untuk bergandeng tangan menyukseskan mimpi bersama menggapai akreditasi internasional AACSB.

Ia menegaskan, FEB UI harus mampu berkontribusi meningkatkan perkuliahan daring dengan akses terbuka (massive open online courses), akreditasi program studi unggul, kualitas pendidik, serta lomba dan karya ilmiah mahasiswa. Mendukung kemajuan, terutama persiapan ujian akhir dan semester baru.

Prof. Suahasil Nazara, Wakil Menteri Keuangan, yang juga hadir mengingat kembali hikmatnya tradisi halalbihalal FEB UI sebelum hadirnya pandemi. Namun, menurutnya halalbihalal daring ini tetap tidak mengurangi makna bermaafan.

“Mewakili Kementrian, saya memohon maaf apabila ada kegiatan bersama antara Kementerian Keuangan dengan FEB UI yang kurang berkenan. Kami membutuhkan bantuan dari rekan-rekan di FEB UI dan UI untuk terus mendukung program pemerintah. Terlebih, dalam situasi pemulihan pandemi COVID-19 ini. Bagi seluruh sivitas akademika FEB UI, selamat Hari Raya Idulfitri, taqaballahu minna wa minkum, mohon maaf lahir dan batin,” ujarnya.

Acara yang dihadiri sekitar 500 orang kemudian diikuti dengan bergantian menyampaikan ucapan Idulfitri dan saling bermaafan oleh Perwakilan elemen FEB UI, yakni jajaran dewan guru besar, senat akademik fakultas, kepala departemen, tenaga kependidikan, lembaga (LPEM, LD, LM, PPA, PEBS, dan UKMC), dosen, dan mahasiswa.

Di ujung acara, Slamet Rosadi memandu dan mengajak para hadirin berdoa untuk diri sendiri, orang tua, serta rekan yang telah mendahului, juga mendoakan kesehatan para pemimpin. Acara pun berakhir dengan mengabadikan foto bersama secara virtual. (hjtp)