Sharing Session Research Departemen Manajemen: Exploring the effects of confidence on crowdfunding success and tips for productive research

Sharing Session Research Departemen Manajemen: Exploring the effects of confidence on crowdfunding success and tips for productive research

 

Rifdah Khalisha – Humas FEB UI

DEPOK – (9/3/2022) Dr. Felix Septianto (Researcher Faculty of Business, Economic, and Law, University of Queensland) menjadi pembicara dalam Visiting Scholar, Sharing Session Research Departemen Manajemen FEB UI, dengan topik “Exploring the effects of confidence on crowdfunding success and tips for productive research” pada Rabu (9/3) di Auditorium Departemen Manajemen, Kampus FEB UI, Depok.

Memulai acara, sharing session dibuka oleh Prof. Dr. Irwan Adi Ekaputra, M.M. (Ketua Departemen Manajemen FEB UI). Lalu, sesi pemaparan dan diskusi dimoderatori oleh Sri Rahayu Hijrah Hati, Ph.D. (Sekretaris Prodi Pascasarjana Ilmu Manajemen FEB UI dan Head of Research Cluster Halal Industry).

Menurut data Statista (2022), pasar crowdfunding global diperkirakan akan mencapai US$25 miliar pada 2027. Dengan kata lain, crowdfunding berkembang pesat sehingga berperan sebagai mekanisme penggalangan dana yang dominan.

Felix memaparkan, pemilihan bahasa memegang peranan penting dalam crowdfunding, “Kampanyenya sangat bergantung pada kata yang tertulis untuk menyampaikan tujuan tersebut. Deskripsi proyek adalah sumber informasi utama bagi kontributor dalam mengambil keputusan. Bahkan, saat ini sudah banyak literatur baru yang meneliti peran bahasa dalam mendorong kesuksesan crowdfunding.”

Usai membahas secara mendetail mulai dari research gaps, stereotype content model, compensation effect, hypotheses, robustness tests, hingga study results, Felix mengatakan bahwa implikasinya mampu memberikan wawasan lebih dalam tentang penyampaian keyakinan dalam deskripsi proyek dapat memengaruhi kinerja crowdfunding dan membangun hubungan.

Lebih lanjut, ia berbicara mengenai refleksi dalam proses publikasi berdasarkan pengalamannya menerbitkan jurnal marketing, “Sistem publikasi layaknya sebuah game. Maka, kita perlu mengetahui aturannya.”

Pendekatan marketing tersebut, yakni memilih konsumen sasaran, merancang dan mengembangkan produk dengan penelitian, mengemas produk untuk kebutuhan konsumen sasaran, dan presentasi penjualan. (hr)