Kaizen – Continuous Improvement Jaminan Mutu Akademik FEB UI

Kaizen – Continuous Improvement Jaminan Mutu Akademik FEB UI

 

DEPOK – Dalam rangka perbaikan berkelanjutan dan wujud syukur atas diperolehnya akreditasi Association to Advance Collegiate Schools of Business (AACSB) oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI) pada November 2022 lalu, FEB UI menyelenggarakan aktivitas penjaminan mutu akademik dengan rentang waktu uji hingga April 2023.

Pada Senin (27/3/2023), Unit Penjaminan Mutu Akademik (UPMA) FEB UI melaksanakan Evaluasi Internal Semesteran (EVISEM) perlima tahunan guna memastikan kualitas mutu pendidikan dari setiap program studi. Berdasarkan hasil EVISEM ini, salah satu prioritas yang menjadi catatan perbaikan berkelanjutan FEB UI adalah pemenuhan dosen dengan kualifikasi Standar Mutu Dosen dan Tenaga Kependidikan yang telah ditetapkan Lembaga Akreditasi Mandiri Ekonomi Manajemen Bisnis dan Akuntansi (LAMEMBA) dan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT). Adapun pengisian EVISEM dilakukan dengan mengakses sipma.ui.ac.id. Dokumentasi foto EVISEM dapat diakses pada https://bit.ly/EVISEM_FEBUI_Maret2023.

Sementara itu, pada Selasa (21/3/2023) lalu, UPMA FEB UI menggelar Sosialisasi Akreditasi Program Studi, khususnya bagi empat program studi yang akan akreditasi ulang pada 2024 mendatang. Per 2022, hampir seluruh program studi di FEB UI akan diakreditasi oleh LAMEMBA. Program-program studi ini adalah S3 Ilmu Manajemen, Magister Manajemen, dan S1 Ilmu Ekonomi. Adapun Program Studi Magister Ekonomi Kependudukan dan Ketenagakerjaan (MEKK) masih akan diakreditasi oleh BAN PT.

Pada rapat sosialisasi ini, UPMA FEB UI juga menginformasikan jadwal kegiatan Audit Internal Akademik (AIA) yang akan dilakukan oleh Badan Penjaminan Mutu Akademik (BPMA) UI sebagai rangkaian persiapan proses akreditasi eksternal. Dengan persiapan yang matang, UPMA FEB UI berharap keempat program studi ini dapat meraih predikat Akreditasi Unggul.

Selain kedua kegiatan tersebut, pada Rabu (15/3/2023) lalu, UPMA FEB UI juga telah menggelar Rapat Koordinasi Pengisian Bersama Data EVISEM periode semester ganjil 2022/2023. Rapat koordinasi ini bertujuan memastikan kualitas data input pada sistem agar hasil EVISEM dapat menjadi lebih akurat dan andal, sehingga dapat menjadi dasar pengambilan keputusan strategis guna menjamin mutu akademik yang lebih baik dan berkelnjutan ke depannya.

Rapat Koordinasi Assurance of Learning (AoL) juga telah digelar pada Jumat (3/3/2023) dan Jumat (10/3/2023). Pada rapat ini, FEB UI merumuskan strategi pemenuhan Continuous Improvement Report (CIR) pada 2025 sebagai bentuk realisasi komitmen akreditasi internasional AACSB. Rapat koordinasi ini juga merumuskan strategi peningkatan proses Assurance of Learning (AoL) melalui pemanfaatan fitur web service. Dengan ini, proses AoL diharapkan dapat menjadi lebih efektif dan efisien (effective and efficiency), mudah (ease), dan nyaman (convenience).

Selain itu, FEB UI juga melakukan kegiatan benchmarking jaminan mutu akademik dan AoL dengan melakukan kunjungan ke universitas terkemuka, yaitu Universitas Gadjah Mada (UGM) pada Selasa (7/3/2023) dan University of New South Wales (UNSW) Sydney pada Sabtu (4/4/2023). Hasil benchmarking ini digunakan sebagai pertimbangan perbaikan kegiatan akademik secara berkelanjutan di FEB UI.

Dari seluruh kegiatan di atas, kegiatan akreditasi eksternal yang saat ini tengah berlangsung adalah akreditasi Program Studi Magister Akuntansi (MAKSI) oleh LAMEMBA. Program studi MAKSI telah berhasil melalui review awal kelengkapan dokumen dengan hasil review ‘status lengkap’. Selanjutnya, program studi MAKSI akan memasuki tahapan proses akreditasi Asesmen Kelengkapan (AK).

Selain MAKSI, Program Studi Magister Perencanaan Ekonomi dan Kebijakan Pembangunan (MPKP) juga tengah diakreditasi oleh BAN PT, di mana saat ini, program studi MPKP telah memasuki proses Pemantauan dan Evaluasi Peringkat Akreditasi (PEPA) tahap dua.

Mewujudkan komitmen FEB UI dalam menyediakan pendidikan berkualitas tinggi, UPMA FEB UI secara konsisten melakukan penjaminan mutu secara berkala dan mendorong FEB UI untuk melakukan perbaikan-perbaikan secara berkelanjutan. Untuk menyampaikan aspirasi terkait peningkatan dan penjaminan mutu akademik, silakan sampaikan melalui academicqafebui@gmail.com.