FEB UI Raih Penghargaan UI International Data Ranking Awards untuk QS dan THE WUR 2024: Best Employer Reputation Data, Best Academic Reputation Data, dan Best PIC

FEB UI Raih Penghargaan UI International Data Ranking Awards untuk QS dan THE WUR 2024:

Best Employer Reputation Data, Best Academic Reputation Data, dan Best PIC

 

Rifdah Khalisha – Humas FEB UI

DEPOK – (26/2/2024) Universitas Indonesia (UI) secara konsisten selalu terlibat dalam pemeringkatan World University Rankings setiap tahunnya. Tercatat Ui kembali mendapat peringkat pertama sekaligus satu-satunya universitas universitas di Indonesia yang masuk peringkat 1.000 terbaik pada pemeringkatan Quacquarelli Symonds (QS) dan Times Higher Education (THE) World University Rankings (WUR) 2024.

Prestasi luar biasa ini semakin gemilang bahwa UI pada QS World University Ranking, UI meraih prestasi peringkat 1 di Indonesia dari 42 universitas di Indonesia yang mengikuti pemeringkatan ini. Selain itu, berada di peringkat 9 di Asia dan peringkat 237 di dunia. Kenaikan peringkat ini membuat UI masuk dalam 6% teratas universitas terbaik di Asia. Sementara untuk THE World University Ranking berhasil naik ke peringkat 801–1000, dari sebelumnya yang berada di rentang 1001–1200.

Atas capaian tersebut, UI International Data Rankings Awards yang diatur oleh Biro Transformasi, Manajemen Risiko, dan Monitoring Evaluasi (TREM) UI mengapresiasi kontribusi seluruh fakultas yang ada lingkungan UI, tak terkecuali dalam hal pengumpulan data.

Pada 2024 ini, Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI berhasil dianugerahi 1st Winner of Best Employer Reputation Data, 2nd Winner of Best Academic Reputation Data, dan 2nd Winner of Best PIC for UI International Data Rankings oleh Dr. Elok Savitri Pusparini, S.E., M.M.

Dalam QS WUR, Employer Reputation merupakan komponen yang unik di antara evaluasi internasional saat ini karena mempertimbangkan komponen penting dari kelayakan kerja. Indeks ini adalah metrik utama dari QS World University Rankings yang memberikan bobot 15% pada peringkat universitas dunia dan bobot berbeda pada peringkat lain yang dihasilkan.

Lalu, Academic Reputation merupakan komponen yang tidak hanya mencakup kualitas penelitian suatu institusi, tetapi juga pendekatan terhadap kemitraan akademis, dampak strategis, inovasi pendidikan, dan dampaknya terhadap pendidikan maupun masyarakat secara luas. Indeks ini adalah inti dari QS World University Rankings dengan bobot 30%.

Lebih lanjut, hadirnya THE WUR versi 3.0, berbagai indikator lebih akurat dalam mengukur kinerja perguruan tinggi, terutama dalam aspek riset, publikasi, dan pengajaran.

Kesuksesan luar biasa UI dan FEB UI dalam meraih peringkat tinggi pada QS dan THE World University Rankings 2024 adalah cerminan nyata dari dedikasi dan kerja keras bersama. Semoga pencapaian dapat menginspirasi untuk terus meningkatkan standar akademik, riset, dan reputasi internasional, serta memperkuat posisi UI di kancah perguruan tinggi global.