Transformasi Pendidikan, UiTM Cawangan Kelantan Kunjungi FEB UI untuk Bertukar Wawasan Seputar MOOCs, Micro-credential, dan CSR

Transformasi Pendidikan, UiTM Cawangan Kelantan Kunjungi FEB UI untuk Bertukar Wawasan Seputar MOOCs, Micro-credential, dan CSR

 

Rifdah Khalisha – Humas FEB UI

DEPOK – (28/2/2024) Universiti Teknologi MARA Cawangan Kelantan melakukan courtesy visit ke Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, di Ruang Rapat Gedung Akuntansi Lantai 2, FEB UI Depok, pada Rabu (28/2).

Dalam kegiatan yang dihadiri oleh para pejabat tinggi dari kedua institusi, FEB UI diwakili oleh Teguh Dartanto, Ph.D. (Dekan FEB UI), Arief Wibisono Lubis, Ph.D. (Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Penelitian dan Kemahasiswaan), Putu Geniki Lavinia Natih, S.E. M.Phil., D.Phil. (Kepala Kantor Internasional, Ventura, dan Kerja Sama), Desi Adhariani, S.E., M.Si., Ph.D. (Ketua Program Studi Pascasarjana Ilmu Akuntansi), Imam Salehudin, S.E., M.Si., Ph.D. (Ketua Program Studi S1 Manajemen), dan Ledi Trialdi, S.E., M.P.P. (Center For Education and Learning in Economics and Business FEB UI).

Sementara dari UiTM Cawangan Kelantan, hadir Prof. Dr. Abdol Samad Nawi (Rektor), Assoc. Prof. Dr. Mohd Nasir Ismail (Deputy Rector Academic Affairs), Dr. Norzieha Mustapha (Deputy Rector Research, Industry, Alumni, and Linkages), Dr. Warid Mihat (Senior Lecturer/Liaison Officer), Dr. Suryani Awang (Senior Lecturer), Ms. Asiah Said (Lecturer), Dr. Nazhatul Sahima Mohd Yusoff (Senior Lecturer).

Agenda utama pertemuan ini adalah saling berbagi pengalaman terbaik dalam pengembangan Massive Open Online Courses (MOOCs), Micro-credential Programmes, dan Corporate Social Responsibility (CSR). Tak terkecuali berdiskusi seputar Memorandum of Agreement (MoA) dan Future Collaboration. Kedua universitas tersebut pun sepakat memperkuat kerja sama lintas institusi guna meningkatkan kualitas pendidikan dan penelitian di bidang ekonomi dan bisnis.

Pada sambutannya, Teguh menekankan komitmen FEB UI untuk mendorong sivitas akademika, terutama para dosen, agar dapat bertransformasi secara menyeluruh dalam penyampaian konten pembelajaran melalui teknologi digital yang interaktif. Menurutnya, kerjasama seperti pertemuan ini adalah langkah positif untuk saling berbagi ide dan pengalaman untuk merancang inovasi bersama demi meningkatkan standar pendidikan tinggi.

Hal senada pun disampaikan oleh Arief bahwa sejatinya, integrasi teknologi dalam pembelajaran adalah kunci untuk memastikan kualitas pendidikan tetap relevan dan responsif terhadap perkembangan zaman. Lebih dari itu, mempersiapkan mahasiswa untuk menghadapi tuntutan dunia kerja yang semakin kompleks.

Prof. Abdol menyampaikan pandangan positifnya terhadap kerja sama ini. Ia dengan penuh optimisme menyatakan harapannya agar kerja sama ini tidak hanya momen singkat, tetapi ia menantikan kelanjutan untuk dampak yang signifikan dalam pengembangan pendidikan dan penelitian yang tidak hanya menguntungkan kedua institusi, tetapi memberikan kontribusi berarti kepada masyarakat dan komunitas di sekitarnya.

Kemudian, Ledi menjelaskan, perkembangan penyelenggaraan pendidikan semakin lama semakin terasa. Demikian pula dengan pengaruh gerakan Open Access yang turut mendukung berkembangnya Massive Open Online Courses atau dikenal dengan singkatan MOOCs. Sejatinya, MOOCs merupakan sarana pendidikan yang mengusung prinsip keterbukaan dan memanfaatkan kecanggihan teknologi sehingga memungkinkan keterlibatan peserta dalam jumlah banyak.

“Sejak berdiri pada September 2021 hingga rentang waktu 2023, Center For Education and Learning in Economics and Business atau dikenal CELEB FEB UI telah menyelenggarakan sebanyak 59 video MOOCs, baik berkredit maupun non-kredit,” ungkapnya.

Terakhir, acara ditutup dengan sesi foto bersama dan bertukar kenang-kenangan antar universitas.