PPIM FEB UI Gelar Kuliah Tamu Visiting Professorship, “Sustainability Strategy and Innovation”

0

PPIM FEB UI Gelar Kuliah Tamu Visiting Professorship, “Sustainability Strategy and Innovation”

 

DEPOK (14/11/2020) Program Pascasarjana Ilmu Manajemen (PPIM) FEB UI mengadakan kuliah tamu dalam rangkaian acara Visiting Professorship. Acara kali ini dibawakan oleh Dr. Belinda Wade dari University of Queensland, dengan mengangkat topik “Sustainability Strategy and Innovation” pada Sabtu (14/11/2020).

Belinda Wade adalah akademisi di bidang Sustainability and Strategy, yang saat ini berperan memimpin sebuah tim yang bertugas mengembangkan program pendidikan bagi para profesional berkaitan dengan risiko perubahan iklim, dan menjadi panitia untuk Future Earth Australia, serta Sustainability Research and Innovation 2021. Di bidang penelitian, Wade fokus pada adaptasi organisasi terhadap permasalahan lingkungan dan transisi untuk menghadapi tantangan perubahan iklim. Tidak hanya penelitian akademik, Wade juga menulis laporan industri perkembangan energi masa depan di Australia, dan artikel online dalam Entrepreneur Magazine secara berkala dengan topik sustainability.

Di awal sesi perkuliahan, Wade memberikan penjelasan tentang pentingnya sustainability, Sustainability Development Goals (SDGs), tren-tren besar yang dihadapi dunia di masa depan, hubungan sustainability dengan bisnis, bagaimana sustainability mendorong inovasi dan peluang-peluang baru, seperti circular economy dan sharing economy, serta peran sebagai individu untuk mendukung sustainability.

Setelah itu, mahasiswa diberikan kesempatan untuk berdiskusi tentang materi yang telah dibawakan dalam sesi tanya jawab. Pertanyaan yang diajukan, meliputi strategi dan prospek industri energi terbarukan, strategi untuk meningkatkan kepedulian masyarakat dan UKM terhadap SDGs, permasalahan sustainability di dalam masyarakat dengan kultur yang berbeda, dan pengelolaan limbah plastik di Indonesia. Kuliah tamu tersebut berlangsung selama 2 jam dengan dosen Departemen Manajemen FEB UI, Imam Salehudin, S.E., M.Si., sebagai pemandu acara.

Kuliah tamu tersebut juga dihadiri oleh Dosen Pengajar mata kuliah Kewirausahaan dan Strategi, yaitu Dr. Rifelly Dewi Astuti yang mendampingi selama kuliah tamu dan memberikan kuliah penutup untuk mahasiswa. (hjtp)

Penulis: Caroline dan Elvina Sorta Setyawati